(Peer Review + Document + Similarity) MENGEMBANGKAN KEPEKAAN SCHOOL READINESS PADA GURU PAUD

ISTIQOMAH, ISTIQOMAH (2014) (Peer Review + Document + Similarity) MENGEMBANGKAN KEPEKAAN SCHOOL READINESS PADA GURU PAUD. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Mengembangkan Kepekaan School Readiness Pada Guru PAUD.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Perer Review Publikasi Istiqomah (Mengembangkan Kepekaan).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Mengembangkan Kepekaan School Readiness Pada Guru PAUD.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pola komunikasi antara guru dan siswa adalah pola komunikasi antar pribadi atau interpersonal communication. Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan oleh Pace bahwa ”interpersonal communication is communication involving two or more people in a face to face setting”. Jadi dalam setting pendidikan sekalipun, kemampuan komunikasi interpersonal menjadi sangat penting untuk dapat dipahami dan dikuasai oleh mereka yang mempunyai profesi yang berhubungan dengan orang lain, misalnya seorang pendidik atau guru (Rozaq, 2012). Mencermati permasalahan diatas, penting untuk kemudian mendapatkan gambaran pemahaman guru tentang kesiapan sekolah (school readiness). Berangkat dari gambaran pemahaman tersebut, kita dapat mengembangkan bentuk intervensi yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mendampingi anak menjadi siap sekolah (school readiness). Pelatihan ini bertujuan untuk: 1) Meningkatkan pemahaman guru tentang kesiapan sekolah (school rediness) pada siswa TK; 2) Meningkatkan komitmen guru untuk mengembangkan sekolah ramah anak. Kegiatan dilakukan dalam bentuk Pelatihan Kesiapan Sekolah (School Readiness) bagi Guru TK ABA se Kabupaten Jember. Pelatihan dilakukan dalam beberapa tahapan: 1) Tahap Eksplorasi Masalah; 2) Mengenal kesiapan masuk SD pada anak; 3) Komitmen Sekolah Siap Anak. Pelatihan menghasilkan capaian berikut ini: 1) Guru terkendala dalam membangun komunikasi dengan orang tua. Komunikasi cenderung berlangsung satu arah; 2) Guru memahami perlu adanya komunikasi yang sinergi antara guru, anak, dan orang tua; 3) berdasarkan pemahaman tentang komunikasi yang sinergis, guru membentuk forum komunikasi antara guru dan orang tua. Forum ini didukung oleh kebijakan PDM mengenai sekolah siap anak pada TK ABA se Kabupaten Jember. Kata kunci: Kepekaan school readiness, guru PAUD

Item Type: Peer Review
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Istiqomah Istiqomah
Date Deposited: 22 Feb 2022 04:16
Last Modified: 22 Feb 2022 04:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13121

Actions (login required)

View Item View Item