(Peer Review + Document + Similarity) PERAN PARENTING BERBASIS MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN KESIAPAN SEKOLAH ANAK

ISTIQOMAH, ISTIQOMAH (2014) (Peer Review + Document + Similarity) PERAN PARENTING BERBASIS MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN KESIAPAN SEKOLAH ANAK. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Peran Parenting Berbasis Masyarakat Dalam Mengembangkan Kesiapan Sekolah Anak.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Perer Review Publikasi Istiqomah (Peran Parenting).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Peran Parenting Berbasis Masyarakat Dalam Mengembangkan Kesiapan Sekolah Anak.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kesiapan sekolah pada anak membutuhkan adanya kesiapan pada tiga komponen, yaitu: 1) kesiapan anak; 2) kesiapan sekolah untuk anak-anak; dan 3) kesiapan keluarga dan lingkungan mereka. Komponen kesiapan pada keluarga dan lingkungan secara potensial dapat dilakukan oleh keluarga khususnya serta peran serta dari PAUD dan POSYANDU. Permasalahan yang ditemui di Dusun Sumber Ayem adalah: 1) proses komunikasi guru, kader, dan orang tua terkait parenting belum dimasukkan dalam kegiatan, karena ketiadaan tenaga terlatih; 2) kader kesehatan dan guru PAUD belum terlatih dalam hal pengembangan keterampilan parenting maupun keterampilan untuk mendampingi, melatih, dan berkomunikasi dengan orang tua terkait proses parenting untuk menyiapkan anak matang secara sosio-emosional saat masuk sekolah; 3) belum ada wadah pengembangan pengetahuan dan keterampilan tentang parenting baik bagi orang tua, kader, maupun guru. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memfasilitasi pembentukan program pengasuhan berbasis masyarakat. Tujuan dari pelatihan adalah: 1) tenaga kesehatan dan guru dilatih untuk membantu orang tua dalam proses pengasuhan; 2) sosialisasi bagi orang tua mengenai pemahaman tentang kesiapan sekolah anak; 3) tersedianya wadah di masyarakat yang mandiri dapat mengembangkan keterampilan orang tua. Metode yang digunakan adalah pelatihan bagi orang tua, guru, dan kader. Pelaksanaan pelatihan dilakukan dalam beberapa tahap dengan hasil sebagai berikut: 1) tersosialisasinya cara berkomunikasi yang efektif antara anak, orang tua, dan guru guna mengembangkan kesiapan sekolah pada anak; 2) tersusunnya program pembelajaran berbasis kesiapan sekolah pada PAUD; 3) terbentuk tiga kelompok kelas parenting di Posyandu. Kata kunci: parenting berbasis masyarakat, kesiapan sekolah anak

Item Type: Peer Review
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Depositing User: Istiqomah Istiqomah
Date Deposited: 22 Feb 2022 04:19
Last Modified: 22 Feb 2022 04:20
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13123

Actions (login required)

View Item View Item