(Peer Review + Documen & Similarity) Analisis Pemasaran Ikan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus) Di Desa Mojomulyo Kecamatan Puger

PRAWITASARI, SAPTYA (Peer Review + Documen & Similarity) Analisis Pemasaran Ikan Lele Dumbo (Clarias Gariepinus) Di Desa Mojomulyo Kecamatan Puger. Agribest.

[img] Text
Marketing Analysis Of Lele Dumbo Fish (Clarias Gariepinus) In Mojomulyo Village, Puger Districts.pdf

Download (2MB)
[img] Text
lele.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 Analisys Pemasaran Lele Dumbo (2).pdf

Download (550kB)

Abstract

Ikan lele merupakan ikan air tawar yang memiliki nilai ekonomis. Salah satu sentra budidaya ikan lele dumbo adalah di Desa Mojomulyo Kecamatan Puger. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui berapa macam pola saluran pemasaran ikan lele dumbo,tugas dan fungsi lembaga pemasaran yang terlibat, menganalisis efisiensi pemasaran ikan lele dumbo. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dan survey dengan lokasi dipilih secara sengaja, yaitu di Desa Mojomulyo, Kecamatan Puger. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode Proposionate Cluster Random Sampling, responden lembaga pemasaran ditentukan dengan metode Snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Analisis data menggunakan analisis margin pemasaran dan farmer’s share. Hasil penelitian yaitu: terdapat 3 pola saluran pemasaran ikan lele dumbo di Desa Mojomulyo, Kecamatan Puger, menunjukkan saluran pemasaran 1 tingkat (pembudidaya - pedagang pengumpul - konsumen), saluran pemasaran 2 tingkat (pembudidaya - pedagang pengumpul - pedagang besar - konsumen) dan saluran pemasaran 3 tingkat (pembudidaya - pedagang pengumpul - pedagang besar - pedagang pengecer - konsumen),efisiensi pemasaran tertinggi ikan lele di Desa Mojomulyo Kecamatan Puger Kabupaten Jember terdapat pada saluran pemasaran 1 tingkat dengan nilai margin sebesar Rp 3000 per kg dan Farmer’s share tertinggi yaitu 82,86%. Nilai margin saluran pemasaran 2 tingkat sebesar Rp 4.620 per kg dengan nilai Farmer’s share sebesar 75,95%, sedangkan efisiensi pemasaran terendah terdapat pada saluran pemasaran 3 tingkat dengan nilai margin tertinggi yaitu Rp 9.265 per kg dan Farmer’s share terendah sebesar 60,14%. Pemasaran ikan lele di Desa Mojomulyo, Kecamatan Puger sudah efisien, karena nilai efisiensi pemasaran dari saluran pemasaran 1 tingkat, saluran pemasaran 2 tingkat dan saluran pemasaran 3 tingkat nilai farmer’s share lebih dari 50%.

Item Type: Peer Review
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming
Depositing User: Saptya Prawitasari
Date Deposited: 01 Mar 2022 04:15
Last Modified: 29 Mar 2022 07:17
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13238

Actions (login required)

View Item View Item