ASPEK RELIGIUS PADA KUMPULAN LAGU ISLAMI TAMAN KANAK-KANAK CUT NYAK DIEN JEMBER
DZARNA, DZARNA (2022) ASPEK RELIGIUS PADA KUMPULAN LAGU ISLAMI TAMAN KANAK-KANAK CUT NYAK DIEN JEMBER. Unmuh Jember.
Text
Cover Editorial Artikel_Aspek Religius pada Kumpulan Lagu TK Cut Nyak Dien Jember.pdf Download (446kB) |
|
Text
Similarity_ASPEK RELIGIUS PADA KUMPULAN LAGU ISLAMI TAMAN KANAK-KANAK CUT NYAK DIEN JEMBER (1).pdf Download (2MB) |
|
Text
Peer Review Artikel Aspek Religius.pdf Download (3MB) |
Abstract
Sekolah Cut Nyak Dien memiliki kumpulan lagu islami. Kumpulan lagu tersebut diciptakan
oleh gurunya. Peneliti tertarik untuk meneliti aspek religius dengan tujuan mengetahui apa saja aspek
religiusnya. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah kumpulan lagu
islami yang terdiri 60 lagu, namun hanya 15 lagu yang diambil karena sesuai dengan aspek religius.
Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pereduksian data,
paparan data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dengan cara ketekunan pengamat.
Aspek religius terdapat 3 jenis yaitu aqidah, syariah, dan akhlak. Ketiganya ditemukan pada
kumpulan lagu, aspek aqidah berisi tentang Allah hanya satu. Hal ini sangat baik untuk dikenalkan
pada siswa, dengan mengetahui aqidah maka akan menyakini keyakinan bahwa Allah itu ada. Syariah
pada kumpulan lagu berisi tentang hukum wajib dan tidak, yaitu sholat dan mengaji, hal ini baik
disampaikan pada siswa agar tahu hukum yang wajib dan tidak. Akhlak juga ditemukan, berisi
tentang akhlaq pada manusia, Allah dan lingkungan, akhlaq sangat penting diajarkan. Akhlak yang
baik akan membawa perubahan pada diri, keluarga, bahkan kepada dunia.
[error in script]
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | Dzarna Dzarna | dzarna@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 07:39 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 05:44 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13434 |
Actions (login required)
View Item |