ASPEK RELIGIUS PADA KUMPULAN LAGU ISLAMI TAMAN KANAK-KANAK CUT NYAK DIEN JEMBER

DZARNA, DZARNA (2022) ASPEK RELIGIUS PADA KUMPULAN LAGU ISLAMI TAMAN KANAK-KANAK CUT NYAK DIEN JEMBER. Unmuh Jember.

[img] Text
Cover Editorial Artikel_Aspek Religius pada Kumpulan Lagu TK Cut Nyak Dien Jember.pdf

Download (446kB)
[img] Text
Similarity_ASPEK RELIGIUS PADA KUMPULAN LAGU ISLAMI TAMAN KANAK-KANAK CUT NYAK DIEN JEMBER (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
Peer Review Artikel Aspek Religius.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sekolah Cut Nyak Dien memiliki kumpulan lagu islami. Kumpulan lagu tersebut diciptakan oleh gurunya. Peneliti tertarik untuk meneliti aspek religius dengan tujuan mengetahui apa saja aspek religiusnya. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data adalah kumpulan lagu islami yang terdiri 60 lagu, namun hanya 15 lagu yang diambil karena sesuai dengan aspek religius. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pereduksian data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dengan cara ketekunan pengamat. Aspek religius terdapat 3 jenis yaitu aqidah, syariah, dan akhlak. Ketiganya ditemukan pada kumpulan lagu, aspek aqidah berisi tentang Allah hanya satu. Hal ini sangat baik untuk dikenalkan pada siswa, dengan mengetahui aqidah maka akan menyakini keyakinan bahwa Allah itu ada. Syariah pada kumpulan lagu berisi tentang hukum wajib dan tidak, yaitu sholat dan mengaji, hal ini baik disampaikan pada siswa agar tahu hukum yang wajib dan tidak. Akhlak juga ditemukan, berisi tentang akhlaq pada manusia, Allah dan lingkungan, akhlaq sangat penting diajarkan. Akhlak yang baik akan membawa perubahan pada diri, keluarga, bahkan kepada dunia.

Item Type: Peer Review
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Dzarna Dzarna
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:39
Last Modified: 20 Oct 2023 05:44
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13434

Actions (login required)

View Item View Item