ANALISIS PENGARUH KINERJA LALU LINTAS AKIBAT PERBAIKAN RUANG PARKIR DI JALAN R.E. MARTADINATA KABUPATEN BONDOWOSO

Hidayah, Alfa (2022) ANALISIS PENGARUH KINERJA LALU LINTAS AKIBAT PERBAIKAN RUANG PARKIR DI JALAN R.E. MARTADINATA KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
[img] Text
i. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
j. JURNAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Suatu kota yang perkembangannya mengalami kemajuan, mengakibatkan adanya pergerakan aktifitas yang meningkat pula. Bondowoso merupakan salah satu kota di wilayah Jawa Timur yang saat ini mengalami perkembangan yang semakin meningkat. Salah satunya di Jalan R.E. Martadinata. Pada jalan tersebut merupakan daerah perdagangan dan perumahan selain itu, terdapat perumahahan juga terdapat pertokoan, rumah makan dan pedagang kaki lima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari adanya hambatan samping terhadap arus lalu lintas kendaraan bermotor. Metode penelitian dengan melakukan survey volume lalu lintas, kecepatan dan hambatan samping dengan menggunakan Pedoman Kinerja Jalan Indonesia 2014. Untuk ukuran kinerja Jalan dapat diperkirakan dalam kondisi tertentu menurut faktor geometri, lingkungan dan lalu lintas yaitu, Kapasitas (C), Derajat Kejenuhan (DJ), dan Kecepatas Arus Bebas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hambatan samping berpengaruh terhadap tingkat kinerja arus lalu lintas. Diperoleh faktor hambatan samping kendaraan keluar-masuk 1010 kejadian, faktor pejalan kaki sebesar 238 kejadian, faktor kendaraan lambat sebesar 630 kejadian dan faktor kendaraan parkir sebesar 655 kejadian pada jam puncak. Selain itu diperoleh nilai kapasitas sebesar 1537 ekr/jam dengan derajat kejenuhan sebesar 0,779 ekr/jam dan kecepatan rata – rata sebesar 22 km/jam. Faktor lain yang mempengaruhi adalah kapasitas ruang parkir yang kurang memadai. Untuk kebutuhan ruang parkir membutuhkan ruang > 457,33 m2 yang dapat menampung parkir yang berjumlah 1356,5 srp. Maka dari itu dibutuhkan ruang parkir khusus. Rekomendasi untuk penyediaan ruang parkir berada di ujung Jalan R.E Martadinata. Kata Kunci: Kinerja Ruas Jalan, Volume, Kecepatan, Hambatan Samping

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: : Kinerja Ruas Jalan, Volume, Kecepatan, Hambatan Samping
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Sipil
Depositing User: Alfa Hidayah
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorGunasti, AmriNIDN0009078001
Thesis advisorBudi Hamduwibawa, RofiNIDN0008057802
Contact Email Address: Alfahidayah01@gmail.com
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:08
Last Modified: 11 Apr 2022 02:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13511

Actions (login required)

View Item View Item