(Peer Review + Similarity + Document) Diversifikasi Nutrisi berbasis Ubi Ungu (Ipomea batatas L) dalam Memenuhi Kebutuhan Gizi pada Ibu Hamil

Azza, Awatiful and Indriyani, Diyan and Priantari, Ika (2019) (Peer Review + Similarity + Document) Diversifikasi Nutrisi berbasis Ubi Ungu (Ipomea batatas L) dalam Memenuhi Kebutuhan Gizi pada Ibu Hamil. IPEMI Jawa Tengah.

[img] Text
PROSEDING DAN SERTIFIKAT DIVERSIFIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
TURNITIN DIVERSIFIKASI NUTRISI BERBASIS UBI UNGU (Ipomea Batatas L) DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN GIZI PADA IBU HAMIL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
peer review diversifikasi ubi ungu IPEMI jawa tengah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang berkualitas. Dampak tidak terpenuhinya gizi ibu selama masa kehamilan dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan bagi ibu maupun janin diantaranya adalah kekurangan energi kronis (KEK), anemia dan BBLR (berat badan bayi lahir rendah). Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif lapangan, dengan rancangan acak lengkap (RAL), pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan eksperimentatif untuk menganalisis kandungan gizi pada ubi ungu sebagai makanan pengganti beras yang dapat dikonsumsi untuk ibu hamil. Sampel yang digunakan adalah ubi ungu lokal Jember. Analisis laborat yang digunakan untuk mengetahui kandungan gizi Ipomea batats L adalah analisa proximat dan uji kimia. Hasil dari penelitain ini adalah Kandungan gizi pada ubi ungu meliputi karbohidrat cukup potensial sebagai bahan penganekaragaman pangan dan agroindustri yaitu pada ubi ungu kering yaitu 84,08 % dalam 100 gr. Fosfor pada ubi ungu kering 48mg/100gr, Kalsium 32mg/100 gr, Kalium 38mg/100 gr, Vit. A (0,1µgr/100gr), Lemak 1 %, Natrium 1mg/100gr, Protein 2,22 %. Pada kandungan Ipomea batas L fresh untuk Vit C (28µgr/100gr) dan Besi 0,7 mg/100gr . Kandungan zat gizi yang lengkap pada ubi ungu tersebut tentunya dapat menjadi sumber alternatif pengganti nasi/beras. Namun kebiasaan dan budaya yang ada di masyarakat menyebabkan ubi ungu belum menjadi sumber bahan karbohidrat yang menjadi pilihan masyarakat. Perlu kerjasama dengan dinas terkait untuk meningkatkan program diversifikasi nutrisi berbasis karbohidrat.

Item Type: Peer Review
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 612 Human Physiology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Ika Priantari
Date Deposited: 20 May 2022 02:14
Last Modified: 20 May 2022 02:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13727

Actions (login required)

View Item View Item