Penerapan RQA dipadu TPS Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

Priantari, Ika (2017) Penerapan RQA dipadu TPS Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. UM Jember, UM Jember.

[img] Text
Semnas Unmuh Fix 09012022.pdf

Download (1MB)
[img] Text
hasil plagiasi PENERAPAN RQA DIPADU TPS MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA THE APPLICATION RQA COMBINED TPS IMPROVING STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILL (2).pdf

Download (2MB)
[img] Text
peer review RQA TPS berpikir kritis semnas pend bio unmuh.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa semester IVB mata kuliah Genetika Prodi Pendidikan Biologi Unmuh Jember tahun akademik 2015/2016 melalui penerapan RQA dipadu TPS. Metode yag dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas 2 siklus. Setiap satu siklus terdiri dari kegiatan pokok yaitu: (1) planning (perencanaan), (2) action (tindakan), (3) observing (pengamatan), (4) reflection (refleksi). Penerapan model RQA dipadu TPS meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa karena dalam kegiatan belajar mengajar tersebut peneliti merancang pembelajaran yang menuntut mahasiswa untuk membuat pertanyaan dan jawaban secara mandiri. Selanjutnya berdiskusi dengan teman-teman sekelompoknya untuk memecahkan permasalahan dan membangun konsep belajarnya dengan menggunakan Pertanyaan. Dengan demikian siswa terbiasa berpikir kritis dalam memecahkan permasalahan. Hasil Penelitian pada siklus I sebesar 53%, dan pada siklus II sebesar 80% terjadi peningkatan sebesar 27%. Jadi pengalaman belajar melalui model pembelajaran RQA dipadu TPS akan mendorong siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 378 Higher Education, Universities
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Ika Priantari
Date Deposited: 20 May 2022 06:40
Last Modified: 20 May 2022 06:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13730

Actions (login required)

View Item View Item