(Peer Review + Similarity + Document) Dampak Pengaturan Tempat Tinggal terhadap Status Nutrisi Lansia di Kabupaten Jember

DEWI, SOFIA RHOSMA (2022) (Peer Review + Similarity + Document) Dampak Pengaturan Tempat Tinggal terhadap Status Nutrisi Lansia di Kabupaten Jember. Prodi Keperawatan Waingapu.

[img] Text
TURNITIN JKP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JKP 2022.pdf

Download (555kB)
[img] Text
PEER REVIEW PENGATURAN TEMPAT TINGGAL LANSIA.pdf

Download (997kB)

Abstract

Latar Belakang: Nutrisi memiliki peranan enting dalam menjaga kesehatan lansia. Pegaturan tempat tinggal merupakan salah satu faktor eksternal yang berpengaruh terhadap kemampuan lansia mengakses makanan. Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak pengaturan tempat tinggal terhadap status nutrisi lansia. Metode: Penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sebayak 103 lansia terlibat sebagai subjek penelitian melalui teknik consecutive sampling. Lembar kuisioner dan MNA digunakan sebagai alat pengumpul data dan uji statistic chi square digunakan untuk menjawab hipotesis. Analisis: Analisis statistic menghasilkan p value 0,00 lebih kecil dari α 0,05 dengan RR = 11,458 95% confidence interval. Analisis: Uji statistic menunjukkan pengaturan tempat tinggal berdampak terhadap status nutrisi lansia dan lansia yang tinggal sendiri beresiko 11,458 lebih besar mengalami malnutrisi dibandingkan lansia yang tinggal bersama keluarga. Diskusi: Berada di tengah keluarga memberikan dukungan sosial bagi lansia. Sehingga interaksi sosial pada lansia perlu ditingkatkan supaya lansia memiliki mekanisme koping positif, mampu menikmati makanan dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: Lansia, pengaturan tempat tinggal, status nutrisi
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 614 Public Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Dewi Sofia Rhosma
Date Deposited: 27 May 2022 01:17
Last Modified: 28 May 2022 02:02
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13746

Actions (login required)

View Item View Item