Analisis Yuridis Izin Bupati Dalam Pemberian Izin Alih Fungsi Lahan Persawahan Menjadi Pemukiman di Kabupaten Jember Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 81/PERMEN/OT.140/8/2013

Kurniawan, Muhammad Fatoni (2022) Analisis Yuridis Izin Bupati Dalam Pemberian Izin Alih Fungsi Lahan Persawahan Menjadi Pemukiman di Kabupaten Jember Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 81/PERMEN/OT.140/8/2013. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (219kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf

Download (523kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (545kB)
[img] Text
8. Jurnal.pdf

Download (524kB)

Abstract

Dalam setiap rencana kegiatan, penanggungjawab kegiatan akan dibebani oleh instrument perlindungan disebut dengan izin, dalam rangka menata ketertiban sebagai instrument yuridis preventif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Pemberian Izin Bupati terhadap Peralihan Fungsi Lahan Persawahan Menjadi Pemukiman di Kabupaten Jember Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 81/Permen/OT.140/8/2013. Data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari bahan hukum primer, sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pemberian izin Bupati terhadap Peralihan Fungsi Lahan Persawahan Menjadi Pemukiman di Kabupaten Jember berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 81/Permen/OT.140 /8/2013 tentang Pedoman Teknis Tata Cara Alih Fungsi Lahan mengenai Keterlibatan Bupati Kabupaten Jember dalam memberikan izin Alih Fungsi Lahan Pertanian dibantu oleh Tim verifikasi yang keanggotaannya berasal dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang bertanggung jawab dalam bidang lahan pertanian, perencanaan pembangunan, infrastruktur, administrasi pertanahan dan instansi atau lembaga terkait telah sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 81/ Permen/OT.140 /8/2013 tentang Pedoman Teknis Tata Cara Alih Fungsi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan. Dalam memberikan ijin lokasi dan luas tanah tersebut Gubernur sebagai Kepala Daerah Tingkat I dan Bupati sebagai Kepala Daerah Tingkat II wajib mentaati Pola Dasar Rencana Pembangunan Daerah dan Rencana Induk Kota untuk menghindari penggunaan tanah pertanian yang subur, memanfaatkan tanah yang kurang subur, mengusahakan agar tidak terjadi pencemaran lingkungan serta dicantumkan ijin pembelian atau ijin pembebasan tanahnya dan dalam memberikan izin lokasi Bupati harus mempertimbangkan teknis pertanahan memuat aspek penguasaan tanah dan teknis penatagunaan tanah yang meliputi keadaan hak serta penguasaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: yuridis preventif, izin bupati, alih fungsi lahan
Subjects: 300 Social Science > 340 Law > 346 Private Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science (S1)
Depositing User: Muhammad Fatoni Kurniawan
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:04
Last Modified: 10 Jun 2022 07:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13840

Actions (login required)

View Item View Item