Systematic Literature Review: Penggunaan Aplikasi Siskeudes

Lajaba, Putu Dhika Yahya (2022) Systematic Literature Review: Penggunaan Aplikasi Siskeudes. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
3. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text
4. BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 3. METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 4. HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 5. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)
[img] Text
9. ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan tinjauan pustaka sistematis mengenai penggunaan aplikasi siskeudes. Pembahasan meliputi pendukung penggunaan, dampak, masalah/hambatan, dan solusi. Tinjauan pustaka sistematis terdiri dari tiga tahapan proses penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Terdiri 170 artikel studi awal ditemukan, hingga 8 artikel studi yang digunakan berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi untuk analisis lebih lanjut. Hasil tinjauan pustaka sistematis adalah dari jurnal tahun 2017 sampai tahun 2022 bahwa pendukung penggunaan aplikasi siskeudes adalah dukungan dari pelatihan penggunaan aplikasi siskeudes, sumber daya manusia, partisipasi masyarakat. ketaatan peraturan, transparansi, akuntabiitas, isi kebijakan, lingkungan kebijakan, pendampingan dana desa, perencanaan kaur keuangan desa, penerapan aplikasi siskeudes, keterlibatan penggunaan, dan pemanfaatan teknologi. Dampak dari penggunaan aplikasi siskeudes adalah berdampak pada laporan keuangan desa, kontrol keuangan desa, pengelolaan keuangan desa, akuntabilitas, pertanggungjawaban penggunaan dana desa, kinerja aparat desa, transparansi, pencairan Dana Desa, pembuatan pembukuan administrasi, proses transaksi, dan strategi implementasi, penatausahaan administrasi Desa. Masalah/hambatan yang kemungkinan terjadi saat menggunakan aplikasi siskeudes adalah masalah pada aspek pendidikan, pelatihan aplikasi siskeudes, implementasi aplikasi siskeudes, aspek kekuasaan , status pegawai, pendampingan dana desa, sumber daya manusia, mindset pengguna siskeudes, update versi aplikasi siskeudes, anggaran tidak rinci, perbedaan mekanisme, instalasi software siskeudes, data keuangan desa, penerapan aplikasi siskeudes tidak sesuai, dan dukungan manajemen puncak. Solusi untuk masalah/hambatan yang kemungkianan terjadi pada penggunaan aplikasi siskeudes adalah perlu adanya pelaksanaan pelatihan kembali untuk meningkatkan sumber daya manusia dengan baik tentang penggunaan sistem komputer maupun aplikasi. Hal ini dilakukan supaya berkelanjutan dan menjaga kualitas penggunaan dan pemahaman aplikasi siskeudes secara benar dan tepat. Selain melakukan pendidikan dan pelatihan kembali, perlu untuk lebih meningkatkan pendidikan dan pelatihan melalui implementasi dari dimensi dan indikator yang mendukung peningkatan penggunaan aplikasi siskeudes. Hasil dari solusi mengenai masalah penggunaan aplikasi siskeudes yang berkaitan dengan masalah pendidikan dan pelatihan aplikasi siskeudes dapat disertakan sebagai evaluasi dalam penggunaan aplikasi siskeudes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tinjauan Pustaka Sistematis, Penggunaan Aplikasi Siskeudes, Pendukung Penggunaan Aplikasi Siskeudes, Dampak Aplikasi Siskeudes, Masalah/Hambatan Aplikasi Siskeudes, Solusi Masalah Aplikasi Siskeudes
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: Putu Dhika Yahya Lajaba
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:08
Last Modified: 10 Jun 2022 07:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/13845

Actions (login required)

View Item View Item