Evaluasi Kinerja Pertigaan Jalan Mh. Thamrin - Jalan Moh. Yamin



Taufiq, Muhammad Sofyan (2022) Evaluasi Kinerja Pertigaan Jalan Mh. Thamrin - Jalan Moh. Yamin. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. Pendahuluan.pdf] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of 3. Bab I.pdf] Text
3. Bab I.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of 4. Bab II.pdf] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 5. Bab III.pdf] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. Bab IV.pdf] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. Bab V.pdf] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. Daftar Pustaka.pdf] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 9. Lampiran.pdf] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of 10. Artikel.pdf] Text
10. Artikel.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persimpangan jalan merupakan jalinan yang memiliki posisi penting dan kritis dalam melayani arus lalu lintas, terlebih bila persimpangan tersebut tak bersinyal dan tidak diatur berdasarkan kecukupan ruang untuk keluar masuk kendaraan dari berbagai jenis, mengakibatkan terjadi tundaan yang cukup besar. Persimpangan juga merupakan tempat rawan terhadap kecelakaan karena terjadinya konflik antara kendaraan dengan kendaraan lainnya ataupun kendaraan dengan pejalan kaki. Lokasi penelitian di kota Jember, yaitu persimpangan tiga lengan antara JL. Mh. Thamrin – JL. Moh. Yamin – JL. Mh. Thamrin, yang sangat sering terjadi kemacetan. Evaluasi kinerja simpang tiga lengan tidak bersinyal dilakukan dengan menggunakan Metode PKJI 2014, dimana dapat diketahui derajat kejenuhan, kapasitas, panjang antrian, tundaan dan tingkat pelayanan. Hasil analisa menggunakan Metode PKJI 2014 menunjukkan bahwa pada tahun 2021 simpang terjadi kondisi arus lalulintas yang stabil dan memiliki kebebasan, pada tahun 2041 menunjukkan tingkat pelayanan D arus mendekati tidak stabil dimana hampir seluruh pengemudi akan dibatasi volume pelayanan Sehingga perlu peningkatan pelayanan JL. Moh Yamin. Alternatif solusi tahun 2041 dalam peningkatan kinerja pelayanan jalan dengan cara pelebaran jalan. Lebar Jalan eksisting Moh. Yamin tahun 2021 adalah 5,5 meter, maka direncanakan pada tahun 2041 dilakukkan perlebaran menjadi 7 meter. Sehingga tingkat pelayanan jalan pada tahun 2041 menjadi C

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Abadi, Taufan
nidn0710096603
Dosen Pembimbing
Hamduwibawa, Rofi Budi
nidn0008057802

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Simpang, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Muhammad Sofyan Taufiq | fyantaufiq856@gmail.com
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:15
Last Modified: 18 Jul 2022 03:15
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14102

Actions (login required)

View Item View Item