Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Ambulu

Guntur, Muhammad (2022) Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Sosial Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Ambulu. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (680kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (790kB)
[img] Text
j. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat diperlukan bagi setiap individu pendidikan akan memberikan suatu wawasan dari dimana seseorang belum bisa membaca, menulis serta mamahami sesuatu menjadi mengerti faham tentang suatu hal. Pendidikan awal yang diterima oleh setiap individu berada dalam lingkungan keluarga dan sosial, baik tidak nya kondisi lingkungan keluarga dan sosial yang ada dalam akan dapat mempengaruhi pola serta minat belajar anak dalam pendidikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh lingkungan keluarga dan sosial terhadap minat belajar siswa, pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan data penelitian menggunakan angket yang melibatkan siswa kelas XI SMA Negeri Ambulu dengan jumlah siswa 384 siswa dengan menggunakan random sampel dengan pembagian 11 kelas dengan menggunakan rumus Slovin n=N/(1+(N x e2 ) maka diketahui sampel berjumlah 196 responden. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa lingkungan keluarga dan sosial mempengaruhi secara simultan dan parsial terhadap minat belajar siswa yang di buktikan pada hasil pengujian teori regresi linier berganda dengan nilai simultan nilai R = 0.360 yang berarti bahwa nilai pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri Ambulu yaitu sebesar 36% adapun secara parsial masing-masing variabel lingkungan keluarga terhadap minat belajar siswa diketahui 0.330 atau sebesar 33% sedangkan pada variabel kedua yaitu lingkungan sosial berpengaruh terhadap minat belajar diketahui sebesar 0.251 jika dipresentasekan kedalam persen maka sebesar 25.1% Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa peran serta dari lingkungan keluarga dan sosial memiliki andil dalam meningkatkan minat belajar anak hal tersebut bisa dibuktikan dalam penelitian yang telah dilakukan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, sosial, minat belajar siswa
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 290 Other Religions
800 Literature and Rhetoric > 807 Education and Research of Literatures
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Muhammad Guntur
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:45
Last Modified: 18 Jul 2022 03:45
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14105

Actions (login required)

View Item View Item