EFEKTIVITAS REBUSAN DAUN SALAM DAN JAHE DALAM MERAWAT ANGGOTA KELUARGA DENGAN ASAM URAT DI DESA SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER

Al imani, Muhammad Thoriq (2022) EFEKTIVITAS REBUSAN DAUN SALAM DAN JAHE DALAM MERAWAT ANGGOTA KELUARGA DENGAN ASAM URAT DI DESA SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER. Profession Education thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (428kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf

Download (650kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (741kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang: Penyakit asam urat adalah suatu tipe penyakit arthritis radang pada daerah persendian. Penyakit ini dianggap sebagai penyakit yang banyak di derita oleh orang-orang dengan golongan atas, asam urat ialah proses final dari metabolisme purin yang merupakan salah satu elemen DNA dan RNA yang terletak pada nukleus tubuh. Daun salam (Syzygium Polyanthum) mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang menghambat enzim xanthine oksidase untuk mensintesis hipoxantine ke xhantine dan xantine menjadi asam urat. Metode: metode penelitian ini menggunakan data kualitatif. Waktu penelitian dilakukan selama 3 minggu mulai dari tanggal 25 Oktober – 13 November 2021 dengan jumlah kunjungan selama 3 kali. Hasil: Rencana keperawatan yang telah dilakukan berpedoman pada SIKI dan SLKI dengan mengambil diagnose prioritas yakni defisit pengetahuan di tandai dengan ketidak mampuan keluarga merawat anggota yang sakit sakit Asam Urat ditandai dengan kadar asam uratnya tinggi pada Tn.A. terdapat beberapa kriteria hasil yang diharapkan oleh penulis setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 3 kali pertemuan yakni pengetahuan keluarga dan Tn.S terkait asam urat, memahami terkait kemungkinan penyebabnya, pengetahuan tentang perawatan asam urat. Intervensi yang di berikan kepada Tn.S dan Keluarga yakni memberikan edukasi terkait asam urat, perawatan asam urat, pencegahan asam urat, anjurkan untuk selalu menjaga pola hidup sehat, anjurkan keluarga untuk melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan, dan menganjurkan untuk meminum rebusan daun salam dan juga jahe untuk menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Simpulan: Keluarga Tn.S teratasi sebagian dan intervensi tetap dilaksanakan. Pada evaluasi hari ketiga pada tanggal 3 November 2021 di dapatkan hasil bahwa keluarga Tn.S mampu menjelaskan kembali terkait penyakit dan penanganan asam urat, tetapi masih belum melakukan pengobatan ke fasilitas kesehatan.

Item Type: Thesis (Profession Education)
Uncontrolled Keywords: Asuhan Keperawatan Keluarga, Asam Urat, Rebusan daun salam dan jahe
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Depositing User: Muhammad Thoriq A, S.Kep
Date Deposited: 23 Jul 2022 02:40
Last Modified: 23 Jul 2022 02:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14182

Actions (login required)

View Item View Item