Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika pada Motif Batik Jember untuk Siswa SMA

Milenia, Bella Bunda (2022) Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika pada Motif Batik Jember untuk Siswa SMA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (892kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (493kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (700kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (634kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan e-modul berbasis etnomatematika pada motif batik Jember untuk siswa SMA. Upaya untuk menanamkan nilai budaya pada remaja agar budaya lokal tidak mudah dilupakan oleh arus globalisasi. Salah satunya memanfaatkan pendekatan realistik terhadap nilai budaya ke dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran matematika. Selama ini pembelajaran matematika di sekolah masih menggunakan bahan ajar matematika dalam bentuk cetak seperti buku paket yang dipinjamkan dalam jumlah terbatas. Pengembangan bahan ajar yang mengandung budaya juga belum pernah dilakukan, sehingga muncul pemikiran bahwa matematika dan budaya adalah dua hal yang berbeda dan tidak saling berkaitan. Dari sini, peneliti berencana untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk e-modul matematika yang mengandung budaya, sehingga siswa dapat belajar matematika dan budaya. Jenis penelitian yang dipakai adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrument pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar angket respon siswa dan lembar soal. Subyek uji coba pada penelitian ini untuk skala terbatas siswa kelas XI IPA SMA Negeri Pakusari sebanyak 6 siswa, sedangkan untuk uji coba skala luas sebanyak 22 siswa kelas XI IPA SMA Negeri Pakusari. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kevalidan produk, analisis kepraktisan, dan analisis keefektifan. Hasil analisis diperoleh bahwa kualitas e-modul yang dikembangkan telah dinyatakan sangat valid dengan rata-rata persentase penilaian ahli sebesar 91,6%, sangat efektif dengan rata-rata persentase tes hasil belajar sebesar 93,18%, dan praktis dengan rata-rata persentase angket respon peserta didik sebesar 80,13%. Dengan demikian, produk berupa e-modul berbasis etnomatematika pada motif batik Jember untuk siswa SMA telah memenuhi tiga kategori kualitas produk yang nyatakan oleh Nieveen yaitu kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Kemudian sehingga, produk tersebut dapat berguna sebagai sumber belajar dan untuk memfasilitasi siswa dalam mempelajari matematika dan budaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Etnomatematika, Batik Jember.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Bella Bunda Milenia
Date Deposited: 23 Jul 2022 02:56
Last Modified: 28 Jul 2022 06:16
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14184

Actions (login required)

View Item View Item