Persepsi Guru TK Terhadap Konsep Kepercayaan Diri (Self Confidence) Anak

Musrifatul, Hasanah (2022) Persepsi Guru TK Terhadap Konsep Kepercayaan Diri (Self Confidence) Anak. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (991kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kepercayaan diri anak merupakan hal yang penting untuk dikembangkan sejak dini, selain untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak, juga dalam rangka menambah kesiapan anak dalam menghadapi jenjang pendidikan selanjutnya. Persepsi guru anak usia dini terhadap konsep kepercayaan diri anak, berpengaruh terhadap tindakan pengembangan kepercayaan diri saat proses pembelajaran. Masalah penelitian yang ingin diketahui dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru TK terhadap konsep kepercayaan diri anak. Penelitian bertujuan untuk untuk memperoleh data persepsi TK, tentang konsep kepercayaan diri pada anak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2022 pada Guru TK dengan pengalaman mengajar minimal 3 tahun di Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif, dengan metode deskriptif, data diperoleh melalui kuesioner dan sesi wawancara dengan beberapa guru TK. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa persepsi guru TK terhadap konsep kepercayaan diri anak di Jember berada di kategori sedang. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengambilan data dari 57 responden sebanyak 7 guru (12%) dikategori skor tidak sesuai, 19 (33%) di kategori skor kurang sesuai, 20 (35%) cukup sesuai dan 11 (20%) guru di kategori skor sesuai, yang artinya dari sampel persepsi guru TK terhadap kepercayaan diri anak paling banyak berada di kategori cukup sesuai yaitu sebanyak 35% yaitu guru memahami bahwa kepercayaan diri tidak hanya dilihat dari aspek tingkah laku saja, melainkan juga dari aspek emosi dan spiritual, hanya saja masih kurang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Guru TK, Kepercayaan diri Anak
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: MUSRIFATUL HASANAH
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:13
Last Modified: 26 Jul 2022 03:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14266

Actions (login required)

View Item View Item