Wakit, Saipul (2016) Pengaruh Antara Faktor-Faktor Kesulitan Belajar dan Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Semester 1 STAIDA Blokagung-Banyuwangi Tahun Akademik 2010/2011. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.
|
Text
pengaruh 1.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text
pengaruh 2.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text
Hasil Turnitin - PENGARUH ANTARA FAKTOR- FAKTOR KESULITAN BELAJAR DAN LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM SEMESTER 1.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Dalam kegiatan pendidikan belajar di perguruan tinggi tentunya banyak faktor yang mempengaruhinya, baik intern maupun ekstern. yang mana faktor- faktor tersebut apabila tidak segera diketahui dan diatasi maka sangat berpengaruh terhadap hasil dan prestasi belajar mahasiswa. Di samping itu juga faktor latar belakang sosial ekonomi orang tua juga dapat mempengaruhi prestasi belajar. Karna kondisi ekonomi orang tua yang mampu akan cenderung untuk dapat memenuhi semua kebutuhan pendidikan dan fasilitas belajarnya guna untuk meningkatkan prestasinya. Sedangkan untuk kondisi ekonomi kurang mampu akan bersusah payah untuk memenuhi kebutuhan pendidikanya. Sehingga terlihat perbedaan yang mencolok antara mahasiswa yang berasal dari keluarga yang mampu dan yang kurang mampu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara faktor-faktor ksulitan belajar dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah program studi manajemen pendidikan islam (MPI) angkatan 2010/2011 semester ganjil Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam (STAIDA) Blokagung -Banyuwangi tahun akademik 2010 /2011. Untuk memecahkan masalah tersebut, serta mencapai tujuan yang diinginkan maka diadakan pengkajian secara teoritis dengan hipotesis “Adakah pengaruh antara faktor-faktor kesulitan belajar dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah program studi manajemen pendidikan islam (MPI) angkatan 2010/2011 semester ganjil Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam (STAIDA) Blokagung- tahun akademik 2010 /2011”. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Mei sampai dengan bulan Agustus 2011. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, kuisioner, observasi, dan interview. Adapun Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa jurusan Tarbiyah program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) angkatan 2010/2011 dengan jumblah seluruh populasi yaitu 50 orang. Untuk menganalisa data digunakan rumus statistik product moment Person dengan menggunakan angka kasar dengan formulasi rumus sebagai berikut: rxy = N.∑XY – (∑X) . (∑Y) √{N. ∑X2 – (∑X)2} . {(N. ∑Y2 – (∑Y)2} Setelah dilakukan analisa data yang dikumpulkan, peneliti menemukan bahwa pengaruh faktor- faktor kesulitan belajar dan latar belakang social ekonomi orang tua dengan nilai r 0,296 termasuk dalam kategori pengaruh yang rendah. Walaupun taraf signifikansinya rendah namun masih ada pengaruh atau kontribusi dari faktor-faktor kesulitan belajar dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 8,96% dan yang 91,14% dipengaruhi oleh faktor lain”. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa: “Ada pengaruh yang signifikan antara faktor-faktor kesulitan belajar dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Tarbiyah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Angkatan 2010/2011 Semester ganjil Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam (STAIDA) Blokagung Banyuwangi tahun akademik 2010/2011.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Ekonomi, Pendidikan dan Prestasi |
Subjects: | 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith |
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) |
Depositing User: | Hendri UF |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 07:55 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 01:12 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1428 |
Actions (login required)
View Item |