HUBUNGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 DI SDN SUCI 02

Alfioni, Dwi Resti (2022) HUBUNGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA SEKOLAH DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 DI SDN SUCI 02. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (20MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB 7.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Pandemi Covid-19 tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi anak pun bisa terdiagnosis kasus Covid-19. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan penyebaran Covid-19 yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan. Berkaitan dengan hal tersebut pengetahuan, pemahaman yang benar mengenai Covid-19 serta melakukan tindakan pencegahan penularan Covid-19 yang sesuai sangat penting untuk anak usia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara perkembangan kognitif anak usia sekolah dengan perilaku pencegahan penularan Covid-19. Metode : Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitafif yaitu metode observasional analitik dengan desain korelasional menggunakan pendekatan Cross Sectional Study. Populasi dalam penelitian berjumlah 139 dengan total sampel 103 anak usia sekolah kelas 4,5 dan 6. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil : Berdasarkan analisis didapatkan anak usia sekolah memiliki perkembangan kognitif baik sebanyak 67 responden (65%), anak yang berperilaku baik dalam pencegahan penularan Covid-19 yaitu sebanyak 59 responden (57,3%) , pada uji tabulasi silang didapatkan hasil yaitu anak yang memiliki perkembangan kognitif baik dengan perilaku pencegahan yang baik sebanyak 52 responden (50,5%). Hasil analisis yang didapatkan dari uji statistik spearman dengan menyimpulkan bahwa didapatkan hasil p-value 0,00 < 0,05 yang artinya ada hubungan signifikan antara perkembangan kognitif anak usia sekolah dengan perilaku pencegahan penularan Covid-19 dengan nilai r = 0,595.Kesimpulan:Dalam hal ini, perkembangan kognitif dapat mempengaruhi perilaku pencegahan penularan Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Dwi Resti Alfioni
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:01
Last Modified: 27 Jul 2022 02:01
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14334

Actions (login required)

View Item View Item