Pengembangan Modul Penulisan Puisi Siswa MTS. Miftahul Ulum Kelas VII Melalui Metode Karya Wisata

Yanto, Agus (2016) Pengembangan Modul Penulisan Puisi Siswa MTS. Miftahul Ulum Kelas VII Melalui Metode Karya Wisata. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text
awal.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB awal.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB II awal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
BAB III awal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
1 matrik.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] Text
2 Lembar Validasi materi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)

Abstract

Modul merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik, mencakup isi materi, metode, dan dapat digunakan secara mandiri. Sekolah MTs, Mftahul Ulum. dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan bahan ajar berupa buku pedoman dari pemerintah, tetapi menurut narasumber, sebenarnya dua bahan ajar tersebut masih kurang maksimal dalam proses pembelajaran, sehingga butuh tambahan bahan ajar. Kebanyakan siswa masih bosan dengan isi dari buku-buku yang ada tersebut yang isinya kebanyakan masih kurang menarik, sehingga hal tersebut menyebabkan kurangnya minat belajar siswa. Untuk meningkatkan minat belajar siswa perlu adanya bahan ajar tambahan yaitu modul. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan, kevalidan dan kelayakan hasil pengembangan modul dengan maateri penulisan puisi dengan metode karya wisata, adapun jenis penelitian yaitu pengembangan dengan model 4D. yang dikembangkan. Prosedur penelitian pengembangan modul ini terdiri dari tiga tahap yaitu (1) pendefinisian (2) perancangan dan (3) pengembangan. Bahan ajar modul sudah di validasi oleh 3 ahli yatu ahli materi, kegrafikan dan bahasa, sebagai calon pengguna Uji keterbacaan melibatkan 12 siswa kelas VII MTs. Miftahul Ulum. Hasil skor validasi dari ahli materi mendapatkan nilai 95, dari ahli kegrafikan mendapatkan nilai 75 dan dari ahli bahasa mendapatkan nilai 80 dengan kriteria valid. Tahap selanjutnya yaitu tahap uji keterbacaan, berdasarkan hasil angket yang diperoleh dari 12 siswa dengan nilai rata-rata 89 dengan kriteria sangat valid. Dari hasil data validasi ahli dan uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan sudah valid dan bisa dijadikan bahan ajar mandiri siswa. Saran untuk pengembagan lebih lanjut jika ingin mengembangkan modul harus dikemas semenarik mungkin agar siswa lebih tertarik untuk menggunakannya dan sampai tahap penyebaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul, Penulisan Puisi Dengan Metode Karya Wisata
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 811 Indonesian Poetry
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI88201#PENDIDIKANBAHASADANSASTRAINDONESIA" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDmilia, Fitrinidn0725068501
UNSPECIFIEDDzarna, Dzarnanidn0701028802
Date Deposited: 12 Mar 2019 03:04
Last Modified: 11 Nov 2019 02:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1434

Actions (login required)

View Item View Item