(Peer Review + Similarity + Document) Sufiks -Wi dalam Bahasa Indonesia: Tinjauan Kritis terhadap Karya-karya Linguistik Bahasa Indonesia

AFRIZAL, MOHAMAD and CITRANINGRUM, DINA MERDEKA and MIJIANTI, YERRY (2021) (Peer Review + Similarity + Document) Sufiks -Wi dalam Bahasa Indonesia: Tinjauan Kritis terhadap Karya-karya Linguistik Bahasa Indonesia. idea press yogyakarta.

[img] Text
PEER REVIEW SUFIKS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Artikel sufiks -wi dan cover.pdf

Download (526kB)
[img] Text
Similarity Artikel Sufiks -Wi.pdf

Download (7MB)

Abstract

Sufik -wi merupakan salah satu afiks pinjaman dari bahasa Arab (BA) dalam bahasa Indonesia (BI) yang menjadi pokok pembicaraan penting dalam buku-buku gramatika bahasa Indonesia. Dalam tulisan ini, diteliti berbagai pandangan/teori yang dibangun dari para tata bahasawan tentang sufiks -wi. Data yang digunakan adalah pandanganpandangan para ahli bahasa tentang sufiks -wi. Data tersebut diperoleh dari buku-buku gramatika BI yang ditulis oleh lima ahli BI yang meliputi Alieva dkk, Alwi dkk, Badudu, Kridalaksana, dan Ramlan. Analisis yang yang digunakan ialah analisis konten atau isi. Simpulan penelitian ini ialah bahwa sufiks -wi menurut para ahi gramatika BI dapat dikaji berdasar teori morfologi, sintaksis, semantik dan sosiolinguistik. Pada tataran morfologis, para ahli mendeskripsikan alomorf-alomorf, proses morfologis, dan produktivitas sufiks -wi. Selain itu, juga dibahas fungsi dan makna –ah pada kata-kata bersufiks –wi yang berakhiran –ah. Pada tataran sintaksis, para ahli mendeskripsikan kategori/kelas kata bersufiks –wi dan fungsi-fungsi sintaktik kata bersufiks –wi baik dalam struktur frasa maupun klausa. Selain itu, dibahas pula jenis-jenis adjektiva bersufiks -wi. Pada tataran semantis, para ahli mendeskripsikan makna-makna gramatikal sufiks –wi. Pada tataran sosiolinguistik, para ahli mendeskripsikan bentukbentuk interferensi fonologis, morfologis, sintaksis dan semantis sufiks –wi dari BA dalam BI. Selain itu, disampaikan pula mengenai bentuk campur kode kata-kata bersufiks –wi dari BA dalam BI.

Item Type: Peer Review
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
400 Language > 410 Linguistics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Dina Merdeka Citraningrum
Date Deposited: 27 Jul 2022 01:07
Last Modified: 20 Oct 2023 03:05
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14340

Actions (login required)

View Item View Item