Pengembangan Soal Matematika Model Programme for International Student Assessment (PISA) Konten Quantity Dalam Konteks Budaya Jember

Putri, Aisyah (2022) Pengembangan Soal Matematika Model Programme for International Student Assessment (PISA) Konten Quantity Dalam Konteks Budaya Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
A PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B ABSTRAK.pdf

Download (568kB)
[img] Text
C BAB I.pdf

Download (786kB)
[img] Text
D BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text
F BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
G BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text
J LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
I DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (655kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah karena kemampuan literasi matematika rendah yang disebabkan salah satunya karena kurangnya pengetahuan tentang soal PISA dan berdasarkan hasil observasi dan wawancara penilaian matematika yang dilakukan guru masih mengandalkan soal dengan pertanyaan-pertanyaan tingkat rendah serta menuntut pada satu jawaban benar dengan menggunakan cara biasa, sehingga kesempatan siswa untuk mengekspresikan dirinya dan kemampuan penalaran matematis terbatas. Peneliti merangkum dua tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan proses pengembangan soal matematika model PISA konten quantity dalam konteks Budaya Jember dan mengetahui hasil pengembangan soal matematika model PISA konten quantity dalam konteks Budaya Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Menurut Sugiyono, penelitian dan pengembangan merupakan metode yang digunakan untuk menguji, mengembangkan dan menciptakan produk tertentu sehingga memenuhi kriteria validitas, kepraktisan dan efektivitas. Model pengembangan yang dipakai dalam penelitian ini adalah ADDIE atau Anlyze, Design, Development, and Evaluation yang dikembangkan untuk merancang sistem pembelajaran. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, proses pengembangan yang dilakukan peneliti menggunakan model ADDIE. Produk soal memperoleh skor kevalidan 4,03 dengan perlakukan tanpa uji coba kembali, skor kepraktisan produk dari angket respon siswa sebesar 73,9%, dan persentase tingkat penguasaan peserta didik sebesar 70,9% dengan kategori tinggi dan dinyatakan efektif. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa soal matematika model Programme for Internatuonal Student Assessment (PISA) konten quantity dalam konteks Budaya Jember sudah melengkapi tiga kriteria penilaian kevalidan, praktis, dan efektif, sehingga dinyatakan layak digunakan dan dapat membantu evaluasi siswa pada materi bilangan dan pola bilangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Soal Matematika, PISA, konten quantity, konteks Budaya Jember
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Aisyah Maylani Ariyatma Utami Putri
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:07
Last Modified: 27 Jul 2022 04:07
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14352

Actions (login required)

View Item View Item