GURU PAUD PROFESIONAL DALAM IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ABAD 21 UNTUK PENGEMBANGAN ASPEK FISIK MOTORIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KABUPATEN JEMBER

Herawati, Erianti Aura (2022) GURU PAUD PROFESIONAL DALAM IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ABAD 21 UNTUK PENGEMBANGAN ASPEK FISIK MOTORIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABTRAKS.pdf

Download (27kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran abad 21 terbagi menjadi dua yaitu media pembelajaran sederhana dan media pembelajaran modern. Media pembelajaran abad 21 merupakan alat pembelajaran yang dapat mengasah semua aspek perkembangan anak usia dini terutama aspek fisik motorik. Pembelajaran abad 21 mempunyai 4 prinsip yaitu, berpusat pada anak, kolaborasi, konteks, integrasi. Masalah dalam penelitian yang ingin dipecahkan adalah bagaimanakah guru PAUD profesional dalam mengimplementasikan media pembelajaran abad 21 untuk pengembangan aspek fisik motorik anak usia 5-6 tahun dikabupaten Jember, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana guru PAUD profesional dalam implementasi media pembelajaran abad 21 untuk pengembangan aspek fisik motorik anak usia 5-6 tahun di kabupaten Jember. Jenis penelitiaan yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan studi dokumen. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas kegiatan pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran abad 21 untuk pengembangan aspek fisik motorik, hasil wawancara dan studi dokumen. Sumber pada penelitian ini adalah 4 Guru PAUD Profesional yang mengajar pada kelompok B di TK Aster dan TK Akasia yang terletak di kabupaten Jember. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa implementasi media pembelajaran abad 21 umtuk pengembangan aspek fisik motorik anak usia 5-6 tahun berkembang dengan baik. Guru PAUD Profesional dalam mengembangan aspek fisik motorik pada setiap peserta didik mempunyai cara yang berbeda, sehingga perbedaan itu berpengaruh pada penyampaian pembelajaran , oleh karena itu tidak semua guru PAUD profesional memahami prinsip pembelajaran yang berpusat pada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Abad 21, Aspek Fisik Motorik
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: ERIANTI AURA HERAWATI
Date Deposited: 27 Jul 2022 06:59
Last Modified: 27 Jul 2022 06:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14382

Actions (login required)

View Item View Item