ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA TN. J DENGAN GANGGUAN PROSES PIKIR : WAHAM KEBESARAN DI DESA KARANGPRING KECAMATAN SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER

khasanah, kul khanif (2022) ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA TN. J DENGAN GANGGUAN PROSES PIKIR : WAHAM KEBESARAN DI DESA KARANGPRING KECAMATAN SUKORAMBI KABUPATEN JEMBER. Other thesis, Universitas Muhammadyah Jember.

[img] Text
cover dll.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Abstrak watermark.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Gangguan jiwa merupakan masalah kesehatan yang serius karena jumlah penyakit yang terus menerus meningkat, termasuk penyakit kronis seperti Skizofrenia yang mempengangaruhi proses berpikir bagi penderitanya. Gangguan jiwa yang diderita oleh pasien akan sulit untuk membedakan antara dunia nyata dan dunia khayalan. Skizofrenia merupakan kelompok reaksi psikotik yang mempengaruhi berbagai area fungsi individu, termasuk berfikir, berkomunikasi, merasakan dan menunjukkan emosi serta gangguan otak yang ditandai dengan pikiran kacau, waham, dan perilaku aneh.Waham merupakan salah satu gangguan kesehatan jiwa yang memerlukan intervensi farmakologis dan non farmakologis. Tujuan: Penelitian ini bertujuan menganalisis asuhan keperawatan pada pasien dengan waham. Metode: Penelitian ini menggunakan studi kasus pada orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) waham, analisis dilakukan pada proses asuhan keperawatan dan observasi dari respon klien diberikan selama 3 hari di Dusun Durjo Kecamatan Sukorambi, dengan menyusun intervensi terapi zikir dalam strategi pelaksanaan 1 sampai 4. Hasil: Hasil dari asuhan keperawatan diketahui bahwa klien menunjukkan mampu melakukan hal positif dengan berzikir pada hari ketiga interaksi. Kesimpulan: Terapi zikir membantu seorang memiliki ketenangan dan fokus dalam menjalankannya karena mempengaruhi neurosensori dan alam perasaannya, hal ini yang membuat ODGJ mampu mengurangi tanda dan gejala yang ditunjukkan akibat gangguan proses berfikirnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Skizofrenia, Psikotik, Waham, Observasi
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Nurse Profession Education
Depositing User: Khanif Kul Khasanah
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:11
Last Modified: 27 Jul 2022 07:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14383

Actions (login required)

View Item View Item