ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERBENTUK REPRESENTASI SEMIOTIK PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN

Khofifah, Fenny Rofiatul (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH YANG BERBENTUK REPRESENTASI SEMIOTIK PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (774kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (792kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah yang berbentuk representasi semiotik pada materi garis singgung lingkaran. Banyak siswa yang kurang mampu dalam memahami kalimat dan gambar, menganalisis soal, serta menerapkan konsep matematika dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. Subjek penelitian adalah subjek yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah yang berbentuk representasi semiotik sejumlah 6 siswa. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian pada 14 Juni 2022 kelas VIII A SMP Muhammadiyah 1 Jember. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data diantaranya tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian subjek melakukan kesalahan representasi semiotik dalam memahami gambar (ikonik) seperti tidak dapat menuliskan informasi penting dan sesuai untuk menjawab pertanyaan seperti apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, melakukan kesalahan dalam menjelaskan gambar (simbolik/ekspresi matematika) seperti tidak dapat menjelaskan dengan menggunakan ekspresi matematika seperti membuat model matematika, menyertakan rumus yang digunakan, dan urutan penyelesaian soal, serta melakukan kesalahan dalam mendeskripsikan dengan bahasa atau kata seperti tidak dapat menuliskan kesimpulan/solusi dari penyelesaian soal secara deskripsi dalam bentuk kalimat. Sebagian besar kesalahan representasi semiotik yang dilakukan adalah kesalahan representasi semiotik dalam menjelaskan gambar (simbolik/ekspresi matematika) dan mendeskripsikan dengan bahasa pada soal garis singgung lingkaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Siswa, Representasi Semiotik, Garis Singgung Lingkaran
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Fenny Rofiatul Khofifah
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:57
Last Modified: 28 Jul 2022 01:57
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14389

Actions (login required)

View Item View Item