IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA TEKS CERITA FABEL BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SENDURO

Maghfiroh, Dennika Tasya (2022) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA TEKS CERITA FABEL BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SENDURO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN(3).pdf

Download (559kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN BNR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (997kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu aspek keberhasilan dalam pembelajaran yang dapat memberikan stimulus dan respon terhadap siswa dengan baik serta dapat menarik perhatian siswa untuk belajar dengan nyaman. Media pembelajaran wayang kartun merupakan media pembelajaran yang terbuat dari gambar kartun yang di dicetak, kemudian dilapisi dengan kertas manila, dan diberikan penyanggah yang terbuat dari kayu ataupun bambu. Keterampilan berbahasa memiliki empat komponen yaitu keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Keterampilan berbicara merupakan kemampuan menyampaikan informasi dalam berkomunikasi yang disertai dengan ekspresi. Permasalahan yang mucul berdasarkan analisis kebutuhan adalah penggunaan media pembelajaran wayang kartun yang masih belum pernah digunakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi cerita fabel. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Senduro. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar wawancara dan dokumentasi yang dibagikan kepada siswa. Serta menggunakan lembar penilaian pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran wayang kartun untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa berdasarkan hasil penilaian peneliti pada tahap siklus I dan siklus II. Pelaksanaan tindakan siklus I di kelas VIIA terdapat 17 siswa dari jumlah keseluruhan siswa 20 yang mendapatkan nilai cukup, sedangkan 3 siswa yang lainnya mendapatkan nilai cukup. Presentase nilai yang diperoleh siswa kelas VIIA siklus I yaitu siswa yang tuntas sebanyak 15%, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 85% dengan nilai yang didapatkan adalah 57. Pelaksanaan tindakan siklus II di Kelas VIIA siswa yang tuntas mencapai 80%, sedangkan siswa yang tidak tuntas mencapai 20% dengan nilai yang diperoleh 77,5. Pada kelas VIIB terdapat 2 siswa yang mendapatkan nilai cukup, sedangkan 15 siswa yang lainnya masih tergolong kurang. Presentase yang diperoleh siswa kelas VIIB siswa yang tuntas sebanyak 11,8%, ddengan nilai yang diperoleh 54. Sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 85% dengan nilai yang diperoleh 75. Pelaksanaan tindakan siklus II di kelas VIIB, siswa yang tuntas mencapai 88,2% sedangkan siswa yang tidak tuntas mencapai 11,8%. Berdasarkan data di atas, media pembelajaran wayang kartun untuk meningkatkan keterampilan berbicara cerita fabel dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Senduro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Wayang Kartun, Keterampilan Berbicara, Cerita Fabel
Subjects: 400 Language
400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Dennika Tasya Maghfiroh
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:13
Last Modified: 29 Jul 2022 02:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14455

Actions (login required)

View Item View Item