Pengembangan Buku Penunjang Menulis Puisi Melalui Pendekatan Mimesis Pada Siswa Kelas VII Semester Genap MTS Negeri Umbulsari Tahun Ajaran 2015/2016

Wijaya, Eka Intan Nur (2016) Pengembangan Buku Penunjang Menulis Puisi Melalui Pendekatan Mimesis Pada Siswa Kelas VII Semester Genap MTS Negeri Umbulsari Tahun Ajaran 2015/2016. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan kualitas pengembangan buku penunjang menulis puisi melalui pendekatan mimesis pada kelas VII/A MTs Negeri Umbulsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (reseacrch and development) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Namun penelitian ini hanya sampai tahap desiminasi.Penelitian ini melalui tiga tahap uji coba, yaitu uji coba ahli terdiri atas uji ahli materi, uji ahli bahasa, uji coba ahli penyajian, dan uji coba ahli kegrafikan. Uji perseorangan dilakukan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia di MTs Negeri Umbulsari. Uji siswa/siswi dalam kelompok kecil dilakukan di kelas VII/A MTs Negeri Umbulsari. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi berupa angket, lembar observasi, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil pengembangan dan kelayakan dari buku penunjang menulis kreatif puisi ini, maka dapat diketahui bahwa hasil yang didapat sangat valid dan efektif, artinya memenuhi kriteria yang ditentukan yaitu diatas 70%, artinya buku penunjang menulis puisi yang dihasilkan layak untuk digunakan.

Item Type: Article
Additional Information: Eka Intan Nur Wijaya (1210221050)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 821 English Poetry
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 12 Mar 2019 06:45
Last Modified: 12 Mar 2019 06:45
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1447

Actions (login required)

View Item View Item