Kemampuan Menentukan Struktur Teks Eksplanasi Kompleks Siswa Kelas XI Semester 2 SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Wasil, Muhammad (2016) Kemampuan Menentukan Struktur Teks Eksplanasi Kompleks Siswa Kelas XI Semester 2 SMA Muhammadiyah 3 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Kemampuan adalah bawaan kesanggupan sejak lahir atau merupakan hasil dari latihan yang digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan, kemampuan tersebut meliputi kemampuan fisik dan kemampuan intelektual. Struktur adalah kerangka yang isinya memperlihatkan susunan dan hubungan setiap hal yang membangun sebuah teks. Teks eksplanasi adalah jenis teks yang menjelaskan hubungan logis dari beberapa peristiwa. Siswa adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan formal. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimanakah penguasaan struktur dan unsur kebahasaan pada teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI IPS 2 Semester 2 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguasaan struktur dan unsur kebahasaan pada teks eksplanasi kompleks. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 3 Jember. Tempat penelitian di SMA Muhammadiyah 3 Jember, pada tanggal 19 Januari 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti selaku instrumen utama, dan instrumen bantu berupa rubrik penilaian dan pengamatan. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu kata-kata yang diperoleh diinterpretasikan dengan membaca data, menemukan data, mengidentifikasi data, mengklasifikasi data, menganalisis data, memaparkan data, dan menyimpulkan data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang memenuhi kriteria mampu dalam menentukan struktur dan unsur kebahasaan teks eksplanasi kompleks adalah 5 siswa dari 25 siswa yang ada. Pertama, siswa masih kurang mampu dalam menentukan pernyataan umum. Kedua, pada urutan sebab-akibat alam dan sosial siswa tersebut masih tidak mampu dalam menentukannya. Ketiga, pada kata serapan sebagian besar siswa mampu dalam menentukannya. Keempat, pada konjungsi eksternal sebagian besar siswa kurang mampu dalam menentukannya. Kelima, pada hubungan sebab-akibat sebagian besar siswa tidak mampu dalam menentukannya. Berdasarkan hasil tersebut, secara keseluruhan kesimpulan dari penelitian ini adalah analisis siswa dalam menentukan struktur dan unsur kebahasaan teks eksplanasi kompleks masih kurang mampu.

Item Type: Article
Additional Information: Muhammad Wasil (1110221048)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, struktur, teks eksplanasi, siswa
Subjects: 400 Language > 421 Writing System
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 13 Mar 2019 01:43
Last Modified: 13 Mar 2019 01:43
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1452

Actions (login required)

View Item View Item