Analisis Strategi Pembelajaran Guru Biologi SMA Negeri Di Kota Jember Pada Masa Pendemi Covid-19

Putri Auliana, Damayanti (2022) Analisis Strategi Pembelajaran Guru Biologi SMA Negeri Di Kota Jember Pada Masa Pendemi Covid-19. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (722kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (299kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (530kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada banyak pihak terutama pada dunia pendidikan, sehingga pemerintah membuat kebijakan untuk menutup semua lembaga pendidikan dan mengubah pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Pembelajaran daring dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi multimedia, video, kelas virtual, teks online animasi, pesan suara, email, video streaming online, dan sebagainya. Begitu juga dengan penilaian pembelajaran dilaksanakan secara daring. Dalam pembelajaran guru memiliki peran penting dalam mengembangkan dan meningkatkan strategi pembelajaran agar peserta didik dapat termotivasi dalam kegiatan pembelajaran daring. Masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran dan praktikum daring, serta penilaian pembelajaran dan praktiktum daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media pembelajaran dan praktikum daring, dan penilaian pembelajaran dan praktikum daring dari strategi pembelajaran biologi berbasis daring pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode dekskriptif terhadap subjek penelitian yang ada di lapangan dan diperoleh data yang berasal dari studi kepustakaan, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dari Mei￾Juni 2022 dengan subjek penelitian guru biologi. Berdasarkan analisis data diketahui hasil penelitian bahwa media pembelajaran biologi daring meliputi grup WA, google classroom, goole meet, zoom meeting, edmodo, google form, google drive dan media praktikum meliputi youtube dan praktikum digital. Penilaian yang dilakukan berupa penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. 1) Penilaian sikap dilihat dari kedisiplinan, kerapihan, dan tutur kata, 2) Penilaian pengetahuan dilihat dari hasil tes pilihan ganda/uraian, diskusi tanya jawab dan penugasan, 2) Penilaian keterampilan dilihat dari hasil penugasan proyek, laporan praktikum dan penilaian portofolio. Pembelajaran biologi berbasis daring menjadikan kegiatan pembelajaran tetap dapat dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Penilaian Pembelajaran, Berbasis Daring
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 374 Adult Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Putri Auliana Damayanti
Date Deposited: 29 Jul 2022 06:48
Last Modified: 29 Jul 2022 06:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14543

Actions (login required)

View Item View Item