Kualitas Kompos Hasil Biokonversi Limbah Kulit Kakao Menggunakan Larva Black Soldier Fly (BSF) Sebagai Sumber Belajar Biologi

Melasari, Monicha Dinda (2022) Kualitas Kompos Hasil Biokonversi Limbah Kulit Kakao Menggunakan Larva Black Soldier Fly (BSF) Sebagai Sumber Belajar Biologi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (345kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan limbah kulit kakao sebagai kompos dengan menggunakan bantuan larva BSF menjadi lebih efektif jika dibandinglan dengan pengomposan menggunakan metode konvensional yang ditimbun di perkebunan kakao karena membutuhkan waktu yang cukup lama. Pemanfaatan larva BSF sebagai agen biokonversi juga memiliki keuntungan secara ekonomis, karena larva BSF dapat dijadikan pakan ternak setelah digunakan untuk mengkonversi limbah kulit kakao. Perlunya integrasi proses pengomposan limbah kulit kakao secara biokonversi ke dalam media pembelajaran biologi. Media pembelajaran biologi yang dapat digunakan salah satunya adalah video pembelajaran yang berbasis hasil penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas kompos hasil biokonversi limbah kulit kakao dengan bantuan larva BSF dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan berupa video pembelajaran. Metode yang digunakan untuk mengetahui kualitas kompos hasil biokonversi adalah dengan menggunakan proses pemberian pakan terhadap larva BSF dengan perlakuan yang berbeda, yaitu seperti kakao segar yang dicacah kasar, kakao yang dikeringkan, dan kakao segar yang dihaluskan, sedangkan metode yang digunakan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran adalah menggunakan model pengembangann R&D dengan jenis pengembangan ADDIE. Hasil yang didapatkan dalam penelitian eksperimen adalah dari enam perlakuan, empat perlakuan diantaranya kualitas kompos sudah memenuhi SNI 19-7030-2004, dan hasil penelitian yang di dapatkan dalam penelitian pengembangan adalah media pembelajaran berupa video pembelajaran yang sedang dikembangkan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 83,2% yang artinya memiliki kriteria sangat valid, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompos Hasil Biokonversi, Limbah Kulit Kakao, Larva BSF, Sumber Belajar Biologi
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Monicha Dinda Melasari
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:07
Last Modified: 01 Aug 2022 02:07
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14588

Actions (login required)

View Item View Item