(Peer review+Similarity+Dokumen) STUDI PEMANFAATAN RECOVERY ALUM SEBAGAI KOAGULAN UNTUK MENURUNKAN KEKERUHAN AIR BAKU

Setyaningtyas, Rusdiana (2011) (Peer review+Similarity+Dokumen) STUDI PEMANFAATAN RECOVERY ALUM SEBAGAI KOAGULAN UNTUK MENURUNKAN KEKERUHAN AIR BAKU. Prodi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Jember, Indonesia.

[img] Text
02. Artikel recovery alum.pdf

Download (232kB)
[img] Text
02. Peer review recovery alum.pdf

Download (573kB)
[img] Text
02. Turnitin recovery alum.pdf

Download (835kB)

Abstract

Pada umumnya IPAM menggunakan tawas sebagai koagulan dan membuang lumpur hasil pengolahan airnya langsung ke sungai, sehingga menimbulkan pencemaran karena lumpur tersebut banyak mengandung alum. Recovery alum dilakukan sebagai upaya untuk memanfaatkan kembali lumpur tersebut sebagai koagulan sehingga selain dapat mengurangi kandungan alum dalam lumpur yang dibuang, secara ekonomi juga mengurangi biaya pengolahan limbah yaitu dengan berkurangnya pemakaian tawas. Proses recovery dilakukan dengan cara asidifikasi yaitu dengan penambahan asam sulfat pada lumpur dan diikuti dengan koagulasi, flokulasi dan sedimentasi selama 30 menit, sehingga terjadi pemisahan antara solid dan filtrat. Bagian filtrat ini selanjutnya digunakan sebagai koagulan. Proses koagulasi, flokulasi dan sedimentasi dilakukan dengan kondisi batch. Koagulan yang dipakai adalah alum hasil recovery dengan koagulan pembandingnya koagulan aluminium sulfat. Variabel yang diamati adalah pH dan kekeruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alum dalam lumpur Clearator IPAM dapat ter-recovery sebesar (65,4 – 78)%, dan recovery alum cukup efektif digunakan sebagai koagulan pada proses koagulasi – flokulasi dengan kekeruhan rendah bila dibandingkan dengan alum, karena recovery alum masih mengandung koloid yang berfungsi sebagai penambah kekeruhan.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: recovery, alum, kekeruhan, koagulasi-flokulasi, air baku
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 628 Environmental Protection Engineering
600 Technology and Applied Science > 660 Chemical Engineering and Related Technologies > 661 Technology of Industrial Chemicals
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Rusdiana Setyaningtyas
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:02
Last Modified: 02 Aug 2022 01:29
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14607

Actions (login required)

View Item View Item