Evaluasi Kelayakan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Dan Kinerja Jalan Sekitar Stasiun Kereta Api Jember (DAOP IX)

GUNASTI, AMRI (2020) Evaluasi Kelayakan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Dan Kinerja Jalan Sekitar Stasiun Kereta Api Jember (DAOP IX). Fakultas Teknik UM. Jember.

[img] Text
PeerReview12.pdf

Download (509kB)
[img] Text
12. Turnitin.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. Dokumen Lengkap.pdf

Download (1MB)

Abstract

Prasana stasiun kereta api merupakan prasarana transportasi khusus atau dipisahkan dengan sistem jaringan transportasi darat yang lain. Jasa kereta api sangat dibutuhkan masyarakat sebagai angkutan ekonomis dibanding dengan angkutan lainnya. Stasiun Jember merupakan stasiun kelas I yang termasuk dalam Daerah Operasi IX Jember dan merupakan pusat administrasi dari Daerah Operasi IX. Pada stasiun kereta api dalam meningkatkan pelayanan diperlukan tata ruang atau fasilitas yang baik. Seperti ruang parkir kendaraan, kebersihan ruang tunggu, gudang bongkar muat barang maupun fasilitas lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pengguna Stasiun Jember dan mengetahui kinerja jalan sekitar stasiun Jember. Pada penelitian ini, untuk mengetahui kinerja jalan pada sekitar stasiun Jember yaitu dengan menggunakan metode pengamatan dan analisa perhitungan, sedangkan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna stasiun jember menggunakan metode Quisioner Service Quality. Metode pengamatan dan analisa perhitungan digunakan untuk mengetahui seluruh kinerja jalan yang ada pada Stasiun Jemebr, sedangkan metode Quisioner Service Quality digunakanuntuk pengukuran presepsi penumpang yang menggunakan fasilitas Stasiun Jember dilakukan dengan menyebarkan quisioner kepada 100 responden untuk mengetahui nilai harapan dan nilai aktual peformance yang diterima penumpang kereta api jember. Dari hasil analisa perhitungan, di ketahui nilai DS 2019 jalan dahlia yaitu sebesar 0,69 smp/jam dan masuk pada tingkat pelayanan B, sedangkan DS 2024 sebesar 0,88 smp/jam dan masuk pada tingkat pelayanan B. di ketahui nilai DS 2019 jalan sudirman yaitu sebesar 0,21 smp/jam dan masuk pada tingkat pelayanan B, sedangkan DS 2024 sebesar 0,27 smp/jam dan masuk pada tingkat pelayanan B. Kualitas yang ada pada indikator yang ada pada Quisioner tidak ada yang lebih dari nilai 1 itu menandakan semua indikator memiliki kualitas yang kurang baik. Pada uji hipotesis yang menggunakan uji z secara keseluruhan indikator masuk dalam kategori berbeda nyata dengan Z tabel 5% atau 1,96 dan 1% atau 2,57.

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: tasiun jember, service quality, sarana dan prasarana, kinerja jalan, fasilitas stasiun, uji z
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Amri Gunasti
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:18
Last Modified: 01 Aug 2022 02:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14639

Actions (login required)

View Item View Item