Penerapan Lembar Berpikir Pratulis (Prewriting Think Sheet) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Bondowoso Tahun Ajaran 2015/2016

Septiarini, Sofi Arisyanti (2016) Penerapan Lembar Berpikir Pratulis (Prewriting Think Sheet) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Bondowoso Tahun Ajaran 2015/2016. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Strategi Lembar Berpikir Pratulis (prewriting think sheet) adalah strategi pembelajaran yang cara kerjanya adalah untuk menstimulasi ide mengarang siswa dan strategi ini bisa digunakan secara kelompok ataupun individu. Keterampilan menulis sangatlah kompleks dan terkadang sulit untuk diajarkan, tidak hanya membutuhkan susunan bahasa yang benar dan teori tetapi juga dibutuhkan konsep dan unsur pendapat. Teks narasi adalah suatu bentuk karangan yang berusaha mengisahkan suatu kejadian atau peristiwa sehingga tampak seolah-olah pembaca melihat atau mengalami sendiri peristiwa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bagaimana proses penerapan Strategi Lembar Berpikir Pratulis (prewriting think sheet) pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Bondowoso pada tahun ajaran 2015/2016.(2) Mendeskripsikan bagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan Strategi Lembar Berpikir Pratulis (prewriting think sheet) pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Bondowoso pada tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Bondowoso. Tempat penelitian di SMP Muhammadiyah Bondowoso. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan utama yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah pengamatan (observasi) dan tes. Instrumen penelitian ini adalah soal dan lembar observasi. Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis data yang telah diperoleh, dapat ditemukan adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada pokok materi menulis narasi dengan Strategi Lembar Berpikir Pratulis (prewriting think sheet). Sedangkan berdasarkan rekapitulasi aktivitas belajar siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Bondowoso, terlihat adanya penigkatan pada aktivitas belajar siswa pada kondisi awal masih sangat rendah, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan namun belum maksimal, dan pada siklus II peningkatan terjadi secara signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini, dengan penerapan Strategi Lembar Berpikir Pratulis (prewriting think sheet) meningkatkan aktivitas belajar menulis narasi pada siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Bondowoso dengan sangat baik.

Item Type: Article
Additional Information: Sofi Arisyanti Septiarini (1210221041)
Uncontrolled Keywords: Lembar Berpikir Pratulis, aktivitas belajar, menulis narasi
Subjects: 400 Language > 421 Writing System
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 13 Mar 2019 04:05
Last Modified: 13 Mar 2019 04:05
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1466

Actions (login required)

View Item View Item