Hariyadi, Sugeng (2016) Unsur Kalimat pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII D SMP Negeri 1 Arjasatahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
UNSUR KALIMAT PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA.pdf Download (96kB) | Preview |
|
Text
1.-COVER.pdf Download (45kB) |
||
Text
Bab-I....pdf Download (149kB) |
||
Text
Bab-II....pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
Text
Bab-III....pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
Text
BAB IV uye (Autosaved) oke.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
Text
BAB V (Autosaved) oke.pdf Restricted to Repository staff only Download (557kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (6kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
Text
matrik.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
Text
BAGIAN AKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
Abstract
Unsur pembentuk kalimat memiliki peran penting dalam penulisan karangan. Unsur kalimat diperlukan dalam membuat kalimat agar susunan kalimatnya tepat artinya penempatan setiap unsur kalimat teratur mulai dari subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimanakah unsur pembentuk kalimat pada karangan deskripsi siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Arjasa tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan dalam penelitian adalah mendeskripsikan unsur pembentuk kalimat pada karangan deskripsi siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Arjasa tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data dalam penelitian ini yaitu unsur kalimat pada karangan deskripsi siswa, sedangkan sumber data dalam penelitian ini yaitu karangan deskripsi siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, dokumen yang dimaksud adalah dokumen yang berupa penugasan kepada siswa. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu; (a) membaca karangan deskripsi siswa, (b) menemukan atau menandai bagian unsur kalimat yang menjadi data penelitian, (c) mengidentifikasi atau mengklasifikasi data (unsur kalimat) sesuai dengan jenis data, (d) memasukkan data (tipe kalimat) ke dalam tabel data. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Prosedur analisis data meliputi; (a) reduksi data, (b) pemaparan data, (c) analisis data, dan (d) kesimpulan data. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik validasi dari ahli. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat unsur pembentuk kalimat yang digunakan oleh siswa. Unsur pembentuk kalimat yang terdapat pada karangan pengalaman pribadi siswa meliputi; S, P, O, Pel, Ket. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Arjasa menggunakan unsur kalimat khususnya dalam membuat karangan deskripsi memiliki perbedaan pada kemampuan, kosa kata, kreativitas, pengetahuan serta pengalaman dalam membuat karangan deskripsi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Unsur Pembentuk Kalimat, Karangan Siswa | |||||||||
Subjects: | 400 Language > 421 Writing System | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI88201#PENDIDIKANBAHASADANSASTRAINDONESIA" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2019 04:09 | |||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2019 03:26 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1467 |
Actions (login required)
View Item |