Implementasi Metode Qur’ani Sidogiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an di Pesantren Darul Ulum Assurur Sidomulyo Silo Jember

Imaniyah, Rif'ah (2022) Implementasi Metode Qur’ani Sidogiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an di Pesantren Darul Ulum Assurur Sidomulyo Silo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
pendahuluan_compressed (1).pdf

Download (223kB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Metode Qur’ani Sidogiri, Kemampuan Membaca Al qur’an Latar belakang dari penelitian ini adalah banyaknya berbagai metode yang muncul menawarkan keunggulan masing-masing metode baik dalam proses pembelajarannya, pun dengan hasil yang akan didapat nantinya. Mulai dari perencanaan,pelaksanaan dan evaluasinya. Metode Qur’ani Sidogiri merupakan salah satu inovasi dari metode pembelajaran Al qur’an. Metode pembelajaran Al qur’an yang ditata dengan sistem yang mudah diterapkan dan dapat memberikan kemudahan dalam belajar dan mengajar Al Qur’an dengan fasih dan benar (Tartil) dalam waktu yang relatif singkat. Masalah penelitian ini adalah bagaimana Implementasi metode qur’ani sidogiri dalam meningkatkan kemampuan membaca Al qur’an dipesantren darul ulum assurur Sidomulyo Silo Jember. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi metode qur’ani sidogiri dalam meningkatkan kemampuan membaca Al qur’an dipesantren darul ulum assurur Sidomulyo Silo Jember . Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil lokasi penelitian di Pesantren Darul Ulum Assurur Sidomulyo, Silo, Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian metode qur’ani sidogiri dalam penerapan membaca Al qur’an bahwa: penerapan metodenya perencaannya sudah sesuai strandart operasional pelaksanaan kelembagaan dan evaluasinya sudah sesuai dengan standar operasional pelaksanaan tasheh kenaikan jilid dan tasheh akhir siswa. Faktor pendukung Penerapan Metode Qur’ani Sidogiri adalah adanya guru pengajar yang memiliki syahadah kelulusan muallim sehingga guru tersebut benar-benar layak untuk mengajar metode ini dan adanya guru khusus perjilid yang bertujuan agar ada titik fokus pengajaran sehingga setiap pengajar fokus pada jilid masing-masing. Sedangkan penghambatnya ialah kurangnya jumlah guru dan tidak maksimalnya Alokasi waktu yang diterapkan. Dan cara mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan menambah waktu melebihi yang telah ditentukan disesuaikan dengan jumlah siswa yang belajar. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan metode qur’ani sidogiri dapat meningkatkan kemampuan membaca Al qur’an di Pesantren Darul Ulum Assurur sesuai dengan standar operasional pelaksanaan kelembagaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious > 201 Religious Mythology
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: firdaus Ahdika Siddiq
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:11
Last Modified: 01 Aug 2022 07:13
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14679

Actions (login required)

View Item View Item