PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR TERHADAP LITERASI FISIK

Mustofa, Achmad (2022) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH DASAR TERHADAP LITERASI FISIK. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1.pendahuluan.pdf

Download (433kB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (40kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf

Download (266kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
10. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
11. JURNAL SKRIPSI MUSTOFA.pdf

Download (973kB)

Abstract

Mustofa, Achmad. 2018. Persepsi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar Terhadap Literasi Fisik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Olahraga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Topo Yono, M.Pd. (2) Bahtiar Hari Hardovi, M.Pd. Kata Kunci: Literasi Fisik, Sekolah Dasar, Guru PJOK Literasi merupakan pengetahuan atau kompetensi dasar yang harus dimiliki seseorang sesuai konteks kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman. Literasi fisik adalah kemampuan untuk menggerakan badan secara percaya diri selama beraktivitas fisik, memilih gaya hidup sehat dan mempraktikkan variasi keterapilan olahraga di sekolah, rumah dan komunitas. Literasi fisik merupakan pondasi bagi seseorang individu yang digunakan dalam berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari maupun dalam upaya meraih keunggulan kinerja. Namun pada kenyataannya masih banyak guru PJOK yang kurang wawasan menganai literasi fisik, padahal literasi fisik sangat bermanfaat bagi kehidupan dikemudian hari khususnya pada guru PJOK. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana persepsi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terhadap literasi fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman guru PJOK tentang literasi fisik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan sekolah dasar se-kecamatan Sumberbaru. Tempat penelitian di kecamatan Sumberbaru, kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data adalah total sampling. Instrumen dalam penelitian adalah kuisioner dan angket. Data dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif yaitu responden memberikan tanda checklist pada google form yang sudah disediakan dimasing-masing pernyataan. Hasil penelitian dapat diidentifikasi bahwa persepsi guru PJOK SD terhadap Literasi Fisik di-Kabupaten Sumberbaru memiliki kategori kurang baik, ini dapat diartikan dalam aktivitas keseharian yang dilakukan di-Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember yang rata rata masih dibawah standatririsasi, namun masih terdapat banyak kendala yang dialami guru PJOK SD di Kecamatan Sumberabru Kabupaten Jember. Oleh karena itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi untuk kedepannya agar literasi fisik ini bisa menjadi kegiatan keseharian yang lebih baik serta dapat diterima oleh semua kalangan peserta didik. ABSTRACT Literacy is the basic knowledge or competence that a person must possess according to the context of the needs of society and the times. Physical literacy is the ability to move the body confidently during physical activity, choose a healthy lifestyle and practice a variety of sports skills at school, home and in the community. Physical literacy is the foundation for an individual who is used in various activities of daily life as well as in an effort to achieve performance excellence. However, in reality there are still many PJOK teachers who lack insight into physical literacy, even though physical literacy is very useful for future life, especially for PJOK teachers. The problem that arises from the background is how the perception of sports and health physical education teachers on physical literacy. The purpose of this study was to determine the understanding of PJOK teachers about physical literacy. This type of research is quantitative. The target of this research is the primary school health and sports physical education teacher in Sumberbaru district. The research site is in Sumberbaru sub-district, Jember district. The data collection technique is total sampling. The instruments in this research are questionnaires and questionnaires. The data in the study were analyzed using a descriptive method, namely the respondents gave a checklist on the google form that has been provided in each statement. The results of the study can be identified that the perception of elementary school teachers on physical literacy in Sumberbaru Regency has a poor category, this can be interpreted in the daily activities carried out in Sumberbaru District, Jember Regency which on average are still below standardization, but there are still many obstacles experienced by teachers. PJOK SD in Sumberabru District, Jember Regency. Therefore, the results of this study are expected to be used as evaluation material for the future so that physical literacy can become a better daily activity and can be accepted by all students. Keywords: Physical Literacy, Elementary School, PJOK Teachers

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Literasi Fisik, Sekolah Dasar, Guru PJOK Keywords: Physical Literacy, Elementary School, PJOK Teachers
Subjects: 700 The Art, Entertainment and Sport > 707 Education, Research & Related Topic
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Physical and Sport Education (S1)
Depositing User: ACHMAD MUSTOFA
Date Deposited: 01 Aug 2022 08:28
Last Modified: 01 Aug 2022 08:28
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14691

Actions (login required)

View Item View Item