Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Puskesmas Sukodono Lumajang



SINTA FARISKA, FEBRIYANTI (2022) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Puskesmas Sukodono Lumajang. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of 1. Pendahuluan.pdf] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 3. Bab I.pdf] Text
3. Bab I.pdf

Download (492kB)
[thumbnail of 4. Bab II.pdf] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. Bab III.pdf] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. Bab IV.pdf] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. Bab V.pdf] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of 9. Bab VII.pdf] Text
9. Bab VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of 10. Daftar Pustaka.pdf] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of 11. Lampiran.pdf] Text
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 12. Artikel.pdf] Text
12. Artikel.pdf

Download (683kB)

Abstract

Pendahuluan:indikator utama untuk mengetahui mutu pelayanan puskesmas adalah kepuasan pasien. Berdasarkan hasil survei diatas kepuasan pasien belum memenuhi target yang di harapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap Puskesmas Sukodono Lumajang di tahun 2022. Metode:jenis penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian sebanyak 46 responden dengan sampel 41 responden. Instrumen yang di ambil secara non probabilitysampling menggunakan pendekatan quota sampling. Hasil:responden yang menilai mutu pelayanan sangat baik 51,2% dengan jumlah 21 responden. Sedangkan yang menilai kepuasan tidak puas 51,2% dengan jumlah 21 responden. berdasarkan hasil uji korelasi Sperman rhodi peroleh p value nilai sig0,000 sehingga sig lebih kecil dari a= 0,05 menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap Puskesmas Sukodono Lumajang dengan keeratan korelasi kuat (r=0,752). Kesimpulan:mutu pelayanan kesehatan menjadi hal yang sangat penting dalam mewujudkan kepuasan pasien yang ada di Puskesmas Sukodono Lumajang. Dalam garis besar kepuasan pasienadalah suatu tingkat perasaan yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan dengan apa yang di harapkan. Saran:yang dapat diberikan, yaitu mempertahankan mutu pelayanan di Ruang Rawat Inap Puskesmas Sukodono Lumajang dan melakukan survey kepuasan pasien secara berkala serta berkesinambungan.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Asmuji, asmuji
nidn0015067201
Dosen Pembimbing
Putri, Fitriana
nidn0704028101

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Mutu pelayanan kesehatan, Kepuasan pasien
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene
600 Technology and Applied Science > 640 Household Management and Personal Life
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Sinta Fariska Febriyanti | sintafariska@gmail.com
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:47
Last Modified: 02 Aug 2022 07:47
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14741

Actions (login required)

View Item View Item