Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dalam Tindakan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Ajung

Mailisari, Erni Dwi (2022) Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dalam Tindakan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Ajung. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abtrak.pdf

Download (377kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)
[img] Text
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. JURNAL.pdf

Download (322kB)

Abstract

Komunikasi terapeutik merupakan alat yang sangat penting dalam mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi hubungan komunikasi terapeuitk perawat dalam tindakan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Ajung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain korelasi pendekatan Cross Sectional. Tekhnik sampling yang digunakan ialah non probability sampling dengan menggunakan pendekatan quota sampling dengan populasi 56 pasien dengan sampel 49 pasien. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner Peneliti menunjukan bahwa komunikasi terapeutik perawat di Puskesmas Ajung terdapat (2,0%) pasien mengatakan bahwa komunikasi terapeutik perawat dalam kategori tidak baik, (73,5%) pasien menyatakan bahwa komunikasi terapeutik perawat dalam kategori cukup baik, (24,5%) pasien menyatakan bahwa komunikasi terapetik perawat dalam kategori baik. Dan (33%) pasien merasakan tidak puas, (34%) pasien merasakan puas, (33 %) pasien merasakan sangat puas. Berdasarkan hasil dari Penelitian ini dengan menggunakan uji korelasi Sperman Rho diketahui p value 0,000 dimana α<0,05. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi terapeutik perawat di Puskesmas Ajung dalam kategori cukup baik dan tingkat kepuasan pasien dalam kategori puas sehingga menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Ajung. Rekomendasi Penelitian ini untuk Puskesmas Ajung agar meningkatkan pelayanan kesehatan dengan berkomunikasi terapeutik yang baik sehingga dapat memberikan kenyamanan dan kepuasan terhadap pasien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Komunikasi Terapeutik
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Erni Dwi Mailisari
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:21
Last Modified: 09 Aug 2022 04:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14995

Actions (login required)

View Item View Item