Pengelompokan Hasil Evaluasi Pembelajaran Metode Hafalan Al Qur'an Tawazun Menggunakan Metode K-Means



Rahmatiningsih, Ajeng Khalili (2022) Pengelompokan Hasil Evaluasi Pembelajaran Metode Hafalan Al Qur'an Tawazun Menggunakan Metode K-Means. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of H. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of I. LAMPIRAN.pdf] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Metode hafalan Al Qur’an Tawazun adalah metode yang memaksimalkan
penggunaan otak kanan dan otak kiri, memungkinkan seseorang dapat hafal,
paham, dan mutqin. Setiap kategori memiliki beberapa poin penilaian sebagai tolak
ukur kemampuan santri, yang digunakan untuk mengatasi tingkat kegagalan santri
di setiap kategori pembelajaran metode hafalan Al Qur’an tawazun. Hasil evaluasi
pembelajaran santri pesantren tahfidz Daarul Huffadz Indonesia pada tahun 2020
dirasa kurang maksimal, karena proses pembelajaran yang dijalankan bersamaan.
Hal ini dapat dilihat dari selisih nilai yang cukup berbeda di setiap kategori
penilaiannya. Berdasarkan permasalahan sebelumnya, dibutuhkan pengelompokan
hasil evaluasi pembelajaran metode hafalan Al Qur’an. Tujuannya, agar setiap
santri mendapatkan perlakuan maksimal dan memberikan kemudahan bagi
lembaga, sekaligus tenaga pengajar untuk melakukan pembelajaran. Algoritma K�Means adalah metode clustering data non-hierarchical yang mampu
mengelompokkan data yang cukup besar jumlahnya, relatif cepat, dan efisien.
Penelitian ini menggunakan 401 data observasi dan 12 atribut. Dari hasil
perhitungan diperoleh jumlah cluster optimal terletak pada 2 cluster, dengan nilai
Davies-Bouldin Index (DBI) sebesar 1,439. Anggota cluster 1 berjumlah 26
anggota, dan anggota cluster 2 berjumlah 375 anggota.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Nilogiri, Agung
0030037701
Dosen Pembimbing
Wardoyo, Ari Eko
0014027501

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Menghafal Al Qur’an, K-Means Clustering, Metode Tawazun
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 001 Knowledge
000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Ajeng Khalili Rahmatiningsih | khalili.ajeng97@gmail.com
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:26
Last Modified: 09 Aug 2022 07:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15017

Actions (login required)

View Item View Item