Seleksi In Vitro 4 Varietas Sorgum (Sorghum bicolor L.) Toleran Cekaman Salinitas Dan Potensinya Sebagai Sumber Bahan Bioenergi Berkelanjutan

Sukmadiningsih, Ega Dwi (2022) Seleksi In Vitro 4 Varietas Sorgum (Sorghum bicolor L.) Toleran Cekaman Salinitas Dan Potensinya Sebagai Sumber Bahan Bioenergi Berkelanjutan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammmadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (660kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sumber energi terbarukan yang potensial untuk dikembangkan adalah berbasis tanaman dan sorgum menjadi salah satu kandidat yang memiliki potensial untuk dikembangkan. Sorgum (Sorghum bicolor) merupakan tanaman yang memiliki kemampuan beradaptasi yang cukup baik. Oleh karenanya, dalam penelitian ini dilakukan seleksi in vitro varietas sorgum yang toleran terhadap cekaman beserta potensinya sebagai sumber bahan bioenergy. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 2 faktor yaitu konsentrasi NaCl dan Varietas yang disusun secara faktorial dengan 2 kali ulangan. Faktor yang pertama terdiri dari empat taraf yaitu : S0 = Tanpa NaCl (kontrol), S1 = NaCl konsentrasi 2500 ppm, S2 = NaCl konsentrasi 5000 ppm, S3 = NaCl konsentrasi 7500 ppm. Faktor yang kedua adalah Varietas yang terdiri dari empat taraf yaitu : (1) Lokal Jember, (2) Super 1, (3) Super 2, (4) Lokal hitam Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat perbedaan nyata pada perlakuan konsentrasi NaCl. Pertumbuhan tanaman sorgum toleran terhadap cekaman NaCl pada konsentrasi 5000 ppm, serta pada perlakuan S3 menghasilkan kandungan prolin, total gula terlarut, dan sukrosa lebih tinggi dibandingkan konsentrasi lainnya. Terdapat perbedaan nyata pada perlakuan varietas. Perlakuan V4 menghasilkan kandungan prolin, total gula terlarut, dan sukrosa lebih tinggi dibandingkan varietas lainnya.Interaksi antara perlakuan salinitas dan varietas berpengaruh nyata terhadap parameter jumlah daun umur 12, dan 15 hsi akan tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap parameter lainnya, serta perlakuan S3V4 meberikan hasil tertinggi terhadap hasil prolin, total gula terlarut, dan sukrosa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sorghum, Varietas, NaCl, In Vitro, Bioenergi
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming > 631 Specific Techniques of
600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming > 635 Garden Crops, Horticulture, Vegetables
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agrotechnology (S1)
Depositing User: Ega Dwi Sukmadiningsih
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:59
Last Modified: 12 Aug 2022 03:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15095

Actions (login required)

View Item View Item