Pengaruh Terapi Akupresur Terhadap Tingkat Ketajaman Mata Pada Mahasiswa Bermata Minus Di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember

Nadhif, Maddadillah (2022) Pengaruh Terapi Akupresur Terhadap Tingkat Ketajaman Mata Pada Mahasiswa Bermata Minus Di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN-2.pdf

Download (904kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (538kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (546kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Introduksi. Mata minus (miopi) merupakan suatu kondisi kelainan refraksi, dimana cahaya atau bayangan jatuh didepan retina saat mata tidak dalam kondisi berakomodasi. Terjadinya mata minus dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor genetik, faktor etnik, dan gaya hidup. Terapi akupresur merupakan suatu terapi atau pengobatan tradisional Cina yang medianya menggunakan jari, berguna untuk merelaksasikan otot yang lelah pada tubuh, bertujuan untuk meningkatkan oksigen pada titik akupresur sehingga dapat memperbaiki kemampuan otot siliari dalam membantu memfokuskan cahaya pada lensa. Metode. Desain peneltian ini menggunakan desain pra eksperimen dengan one grup design yang dilakukan dengan pre test dan post test, dengan tujuan menganalisa pengaruh terapi akupresur terhadap tingkat ketajaman mata pada mahasiswa bermata minus di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa laki laki bermata minus sebanyak 33 orang dari angkatan tahun 2018-2021 di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember dengan besar sampel 19 orang responden yang berkacamata minus. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 18 Juli 30 Juli 2022. Terapi akupresur dilakukan sebanyak 3 kali perlakuan setiap minggunya pada 4 titik akupuntur disekitar mata, yaitu pada titik Tongziliao yang ada di ujung luar mata kanan dan kiri, titik Cuan zhu di ujung dalam alis mata, titik Si bai di bawah mata dan titik Yin Tang di tengah kedua alis. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan nilai P tingkat ketajaman mata kanan dan kiri (VOD dan VOS) sesudah diuji dengan uji wilcoxon yaitu 0,001 pada VOD dan 0,008 pada VOS (α ≤ 0,05) yang berarti terdapat pengaruh terapi akupresur terhadap tingkat ketajaman mata pada mahasiswa bermata minus di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember. Diskusi. Terapi akupresur dapat dijadikan sebagai salah satu terapi non-farmakologi yang dapat menurunkan tingkat ketajaman mata pada penderita mata minus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akupresur, Mata Minus, Ketajaman Mata
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Maddadillah Nadhif
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:16
Last Modified: 18 Aug 2022 07:29
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15173

Actions (login required)

View Item View Item