Pengaruh Penggunaan Media Kartu Masalah dalam Kegiatan Diskusi terhadap Kemampuan Berbicara

Ula, Insiya Mufida Baroro (2017) Pengaruh Penggunaan Media Kartu Masalah dalam Kegiatan Diskusi terhadap Kemampuan Berbicara. .Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
18. artikel.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbahasa mempunyai hubungannya erat sekali dengan keterampilan lainnya. Keterampilan berbicara merupakan, salah satu keterampilan berbahasa sebagai kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan ide, gagasan serta mengungkapkan pendapat atau pikiran dan perasaan kepada seseorang atau kelompok secara lisan, baik secara berhadapan ataupun dengan jarak jauh. Kartu masalah merupakan media yang digunakan peneliti sebagai percobaan untuk mengolah kemampuan siswa. Permasalahan dalam keterampilan berbicara siswa kelas VIII yang pada umumnya siswa tidak dapat mengungkapkan gagasannya karena merasa takut dan malu saat ditugaskan untuk berbicara di depan kelas. Selain itu siswa kurang terampil sebagai akibat dari kuragnya latihan berbicara. Permasalahan yang muncul dalam latar belakang tersebut adalah apakah penggunaan media kartu masalah dalam kegiatan diskusi memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Rambipuji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atau mendeskripsikan apakah penggunaan media kartu masalah dalam kegiatan diskusi memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Rambipuji. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Rambipuji. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, dan analisis data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu masalah dalam kegiatan diskusi dapat membantu siswa dalam mengolah kemampuan berbicara siswa lebih baik dari pada belajar dengan pembelajaran secara konvensional. Hal ini dikarenakan belajar dengan menggunakan media kartu masalah lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antar siswa dalam proses kemampuan berbicara.

Item Type: Article
Additional Information: Insiya Mufida Baroro Ula (1310221067)
Uncontrolled Keywords: Kartu masalah, kegiatan diskusi, kemampuan berbicara
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 815 Indonesian Speech
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 20 Mar 2019 01:59
Last Modified: 20 Mar 2019 01:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1518

Actions (login required)

View Item View Item