Hubungan Aktivitas Bermain Game Online Dengan Pola Makan Pada Anak Usia 10-12 Tahun Di SD Negeri Dabasah 3 Bondowoso Berbasis Uses And Gratifications Research Model

Putranto, Awaliya Dias (2022) Hubungan Aktivitas Bermain Game Online Dengan Pola Makan Pada Anak Usia 10-12 Tahun Di SD Negeri Dabasah 3 Bondowoso Berbasis Uses And Gratifications Research Model. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (380kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pola makan yang tidak sehat dengan mengkonsumsi makanan instan dan frekuensi makan tidak teratur dapat disebabkan oleh aktivitas bermain salah satunya game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas bermain game online dengan pola makan pada anak usia sekolah berbasis Uses and Gratification Research Model. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan terhadap anak usia sekolah di SDN Dabasah 3 Bondowoso dengan melibatkan sebanyak 112 siswa-siswi. Siswa�siswi dipilih secara acak dengan teknik simple random sampling. Data diambil dengan metode observasi dan analisis menggunakan statistic komputer berupa uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan anak usia sekolah yang bermain game online lebih dari 2 jam lebih besar 27,6% daripada anak yang bermain 1-2 jam dengan jenis game yang sering dimainkan adalah jenis game menembak sebanyak 43,8% dan mayoritas menunjukkan pola makan tidak sehat sebesar 50,9% . Analisis statistic menunjukkan bahwa ada hubungan antara waktu bermain dan jenis game dengan pola makan pada anak usia 10-12 tahun di SDN Dabasah 3 Bondowoso dengan nilai Sig < 0,05% . Oleh karena itu perlu adanya edukasi kepada anak terkait penggunaan waktu bermain game online yang efektif dengan batas waktu normal yaitu 1-2 jam untuk mencegah pola makan tidak sehat hal ini dikarenakan tinggi rendahnya intensitas waktu bermain game online sangat berpengaruh terhadap pola makan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anak usia 10-12 tahun, Game Online, Jenis Game, Pola Makan, Uses and gratifications Reserch Model
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 613 Personal Health, Hygiene
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Awaliya Dias Putranto
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:11
Last Modified: 26 Aug 2022 01:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15229

Actions (login required)

View Item View Item