OPTIMASI PADA KONSTRUKSI SLAB ON PILE JALAN LINGKAR LUAR BARAT (JLLB) SURABAYA DENGAN TUMPUAN INTERAKSI TANAH

Habiballoh, Muhammad Jovan Azmi (2022) OPTIMASI PADA KONSTRUKSI SLAB ON PILE JALAN LINGKAR LUAR BARAT (JLLB) SURABAYA DENGAN TUMPUAN INTERAKSI TANAH. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (401kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
10. ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konstruksi slab on pile merupakan struktur jembatan yang dibangun di atas tanah berupa kombinasi tiang pancang dan pelat dari beton dengan jarak pondasi yang berdekatan. Biasanya, dalam perencanaan suatau bangunan, struktur atas dan pondasi di analisa secara terpisah karena hal itu memiliki kelemahan perhitungan yang kurang terinteraksi dengan baik. Oleh karena itu dalam penenlitian ini penulis mengoptimasi struktur Slab on Pile pada JLLB- Surabaya dengan tumpuan interaksi tanah, sehingga realitas desain yang diterapkan pada struktur atas dan pondasi akan mendekati kenyataan di lapangan.. Dari hasil perhitungan nilai springs constant untuk arah vertikal (Kv) pada ujung tiang pancang kedalaman 28 m didapat nilai 57.321 ton. Springs constant untuk arah mendatar atau horizontal (Kh) pada tiap kedalaman 1 m dengan pengelompokan sesuai jenis konsistensi tanah yaitu : kedalaman 1-10 m, tanah sangat lunak (Kh) 8.874 ton, kedalaman 11-14 m, tanah lunak (Kh) 3.944 ton, kedalaman 15-23 m, tanah medium (Kh) 8.874 ton, serta kedalaman 24-28 m, tanah kaku (Kh) 5.916 ton. Dari hasil optimasi didapat tebal pelat optimum 23,5 cm atau 0,235 m dengan derajat optimasi 41,25 %, juga didapatkan penambahan rasio tulangan, tulangan lapangan sebesar 78,29 % serta tulangan tumpuan sebesar 103,72 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: konsistensi tanah, slab on pile, springs constant, tiang pancang.
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Muhammad Jovan Azmi Habiballoh
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:57
Last Modified: 29 Aug 2022 01:57
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15241

Actions (login required)

View Item View Item