EVALUASI KINERJA KONTRUKSI JALAN DAN SOLUSINYA (Studi kasus: Jalan Darsono Kec. Arjasa Kab. Jember)

Wibisono, Satriyo Puguh (2022) EVALUASI KINERJA KONTRUKSI JALAN DAN SOLUSINYA (Studi kasus: Jalan Darsono Kec. Arjasa Kab. Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (844kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (68kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kontruksi jalan mempunyai peranan yang cukup besar dalam tatanan perkembangan pembangunan nasional. Dalam kelompok sektor transportasi, jalan raya berpotensi sebagai penyedia akses transportasi jasa dan barang keseluruh wilayah yang berdampak sebagai akselerasi pembangunan wilayah maupun regional. Sebagai salah satu moda transportasi darat, jalan raya merupakan pemicu dinamika pembangunan untuk menumbuhkan dan meningkatkan perkembangan pembangunan nasional. Jalan Darsono Kec. Arjasa, Kabupaten Jember merupakan jalan yang termasuk ke dalam kelas jalan kabupaten. Jalan ini merupakan salah satu jalan alternatif dari Arjasa menuju pusat kota Jember, sehingga membuat volume kendaraan di jalan ini bertambah. Selain itu, jalan ini berada di kawasan perumahan. di jalan tersebut sering terjadi genangan saat curah hujan tinggi karena belum adanya drainase yang dapat menampung derasnya hujan. Pemilihan penelitian tugas akhir ini alasannya karena seringnya terjadi kerusakan pada badan jalan tersebut. Untuk itu diperlukan evaluasi kembali perhitungan tebal perkerasan lentur dan drainase jalannya. Dari hasil analisa dan pembahasan untuk kinerja jalan berdasarkan hasil survey dan perhitungan volume lalu lintas jam puncak saat pandemi tahun 2022 = 347,95 kendaraan/jam DS = 0,17 smp/jam dengan tingkat pelayanan A, sedangkan peramalan kondisi lalu lintas 20 tahun dengan asumsi i = 5% jam puncak saat pandemi tahun 2042 = 693,34 kendaraan/jam DS = 0,34 smp/jam dengan tingkat pelayanan B. Pada perhitungan tebal perkerasan dengan metode Bina marga 2013 untuk umur rencana 20 tahun HRS WC = 3 cm, HRS Base 3,5 cm, LPA Kelas A = 25 cm, LPA Kelas A/B = 12,5 cm. Sementara dari hasil perencanaan dimensi saluran drainase didapatkan tinggi 0.7 m dan lebarnya 0.6 m, tinggi jagaan 0,3 m, dan ketebalan pasangan batu kali 0,3 m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kontruksi Jalan, Kinerja Jalan, Perkerasan Lentur, Saluran Drainase
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: SATRIYO PUGUH WIBISONO
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:20
Last Modified: 13 Sep 2022 06:09
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15288

Actions (login required)

View Item View Item