Tangung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Konsumen Akibat Beredarnya Makanan dan Minuman yang Kadaluwarsa Berdasarkan Undang-Undang. No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

MASYUDI, - (2016) Tangung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Konsumen Akibat Beredarnya Makanan dan Minuman yang Kadaluwarsa Berdasarkan Undang-Undang. No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
Pdf.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview

Abstract

Dampak yang terjadi akibat aktivitasi pelaku usaha yang terdapat dampak positif dan negatif, dampak positifnya membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, dampak negatifnya terdapat keracunan yang dihasilkan selama pengelolaan industri yang membuat beredarnya makanan dan minuman yang kadaluwarsa sekitar tempat tinggal masyarakat yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan keracunan bagi konsumen. Dalam Pasal 7 ayat (4) Undang-Undang no 8Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen menjelaskan Setiap usaha dan/atau kegiatan yang berdampak penting terhadap masyarakat wajib memiliki ijin usaha dari pemerintah. adalah analisis mengenai dampak terjadinya keracunan yang wajib harus ada perijinan dari pemerintah untuk mendirikan usaha, lokasi penelitian ini di daerah kabupaten jember. Dari pembahasan ini maka Pelaku Usaha bertanggung jawab atas beredarnya makanan dan minuman yang kadaluwarsa yang mengakibatkan keracunan bagi konsumen yang mengkonsumsinya dan wajib memberikan ganti rugi kepada konsumen dan melakukan tindakan pembaaran ganti rugi yang terkena dampak keracunan makanan dan minuman yang kadaluwarsa. Selain itu pelaku usaha juga harus memusnahkan banrang yang sudah kadaluwarsa serta memeriksakan kualitas makan yang akan diperdagangkan di Kabupaten Jember agar tidak terjadi kracunan bagi konsumen yang mengkonsumsinya.

Item Type: Article
Additional Information: Masyudi (1210111013)
Uncontrolled Keywords: Keracunan, Tanggung Jawab Pelaku usaha Terhadap kualitas makanan yang akan di pasarkan
Subjects: 300 Social Science > 340 Law
300 Social Science > 340 Law > 342 Constitutional and Administrative Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 15 May 2018 00:47
Last Modified: 15 May 2018 00:47
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item View Item