REDESAIN SISTEM SLAB ON PILE JEMBATAN UTAMA PADA PROYEK LANJUTAN PEKERJAAN AKSESIBILITAS BANDAR UDARA SOEKARNO – HATTA



Kusumadewi, Sukma (2022) REDESAIN SISTEM SLAB ON PILE JEMBATAN UTAMA PADA PROYEK LANJUTAN PEKERJAAN AKSESIBILITAS BANDAR UDARA SOEKARNO – HATTA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. PENDAHULUAN.pdf] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (854kB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 3. BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4. BAB II DASAR TEORI.pdf] Text
4. BAB II DASAR TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV PEMBAHASAN.pdf] Text
6. BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V KESIMPULAN & SARAN.pdf] Text
7. BAB V KESIMPULAN & SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 10. ARTIKEL.pdf] Text
10. ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta atau Soekarno Hatta International Aiport (SHIA) merupakan bandar udara terbesar dan utama di Indonesia. Bandara ini terletak di Kota Tangerang yang hanya berjarak 20 kilo meter dari ibukota DKI Jakarta. Pada desain struktur pondasi slab on pile jembatan utama Proyek Lanjutan Pekerjaan Aksesibilitas Bandara Soekarno-Hatta mengenai struktur box culvert yang berada dibawah muka tanah. Hasil Analisa struktur dari aplikasi pendukung STAAD – PRO didapatkan gaya aksial sebesar 299.67 kN dan nilai penurunan yang terjadi pada kelompok tiang sebesar 0.0941 cm dengan nilai modulus elastisitas sebesar 24036.6189 kN/m2, yang merupakan tanah pasir tidak padat. Dengan menggunakan aplikasi PCACol, didapat diameter kolom yaitu 12 D29 dengan nilai ρ = 2.8%. Pondasi strauss berdiameter 600 mm dan kedalaman 36 m. dengan mempertimbangkan nilai efisiensi diperoleh nilai daya dukung tiang pancang kelompok (Qu) sebesar 602.202 ton ≥ Pu = 30.56 ton, yang merupakan dari penggunaan 4 tiang. Dengan tulangan beton pengisi yaitu 16D19 dan tulangan spiral sebesar Ø6 – 50 mm. Pile cap berdimensi 5.5 m × 5.5 m × 0.9 m, dengan menggunakan tulangan lentur arah X D29 – 110 mm, arah Y D25 – 130, tulangan geser satu arah Ø10 – 100 mm, dan tulangan bagi Ø19 – 200 mm.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Priyono, Pujo
NIDN0022126402
Dosen Pembimbing
Surya Manggala, Aditya
NIDN0727088701

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Slab on Pile, Pondasi Strauss, Pile Cap, Penurunan, Daya Dukung Pondasi
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Sukma Kusumadewi | sukmakusumadewi308@gmail.com
Date Deposited: 21 Sep 2022 01:30
Last Modified: 21 Sep 2022 01:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15328

Actions (login required)

View Item View Item