REDESAIN SISTEM SLAB ON PILE JEMBATAN UTAMA PADA PROYEK LANJUTAN PEKERJAAN AKSESIBILITAS BANDAR UDARA SOEKARNO – HATTA

Kusumadewi, Sukma (2022) REDESAIN SISTEM SLAB ON PILE JEMBATAN UTAMA PADA PROYEK LANJUTAN PEKERJAAN AKSESIBILITAS BANDAR UDARA SOEKARNO – HATTA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (854kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (422kB)
[img] Text
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
4. BAB II DASAR TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V KESIMPULAN & SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
10. ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta atau Soekarno Hatta International Aiport (SHIA) merupakan bandar udara terbesar dan utama di Indonesia. Bandara ini terletak di Kota Tangerang yang hanya berjarak 20 kilo meter dari ibukota DKI Jakarta. Pada desain struktur pondasi slab on pile jembatan utama Proyek Lanjutan Pekerjaan Aksesibilitas Bandara Soekarno-Hatta mengenai struktur box culvert yang berada dibawah muka tanah. Hasil Analisa struktur dari aplikasi pendukung STAAD – PRO didapatkan gaya aksial sebesar 299.67 kN dan nilai penurunan yang terjadi pada kelompok tiang sebesar 0.0941 cm dengan nilai modulus elastisitas sebesar 24036.6189 kN/m2, yang merupakan tanah pasir tidak padat. Dengan menggunakan aplikasi PCACol, didapat diameter kolom yaitu 12 D29 dengan nilai ρ = 2.8%. Pondasi strauss berdiameter 600 mm dan kedalaman 36 m. dengan mempertimbangkan nilai efisiensi diperoleh nilai daya dukung tiang pancang kelompok (Qu) sebesar 602.202 ton ≥ Pu = 30.56 ton, yang merupakan dari penggunaan 4 tiang. Dengan tulangan beton pengisi yaitu 16D19 dan tulangan spiral sebesar Ø6 – 50 mm. Pile cap berdimensi 5.5 m × 5.5 m × 0.9 m, dengan menggunakan tulangan lentur arah X D29 – 110 mm, arah Y D25 – 130, tulangan geser satu arah Ø10 – 100 mm, dan tulangan bagi Ø19 – 200 mm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Slab on Pile, Pondasi Strauss, Pile Cap, Penurunan, Daya Dukung Pondasi
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Sipil
Depositing User: Sukma Kusumadewi
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorPriyono, PujoNIDN0022126402
Thesis advisorSurya Manggala, AdityaNIDN0727088701
Contact Email Address: Sukmakusumadewi308@gmail.com
Date Deposited: 21 Sep 2022 01:30
Last Modified: 21 Sep 2022 01:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15328

Actions (login required)

View Item View Item