Saida, Rifki (2022) Manajemen Pengelolaan Kelas Untuk Melatih Kemandirian Anak Usia Dini di TK ABA III Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (519kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (195kB) |
|
Text
3. BAB I.pdf Download (454kB) |
|
Text
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (884kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (421kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
11. ARTIKEL.pdf Download (428kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian pada saat observasi awal yang dilakukan di TK ABA III Kabupaten Jember, terlihat sebagian besar peserta didik sudah mampu menunjukan sikap kemandirian, diantaranya mereka mampu memakai dan melepaskan sepatu sendiri, dapat meletakan dan mengambil tas serta bekal yang sudah dipersiapkan dari rumah mencuci tangan sendiri dan membuang sampah pada tempatnya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan kelas oleh guru untuk melatih kemandirian anak usia dini di TK ABA III dan Bagaimana implementasi kemandirian anak usia dini di TK ABA III . Penelitian ini dilaksanakan pada guru kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa Manajemen pengelolaan kelas untuk melatih kemandirian anak usia dini di TK ABA III terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Pengelolaan kelas wajib diketahui bagi setiap guru wali kelas agar mendapatkan suasana pembelajaran dan penerapan kemandirian pada peserta didik yang menyenangkan. Implementasi yang dilakukan oleh wali kelas dimulai dari penataan tempat duduk bagi peserta didik, pengaturan alat-alat pengajaran dan pembelajaran, penataan kebersihan serta keindahan kelas, dan penganturan ventilasi cahaya sehingga suasana kelas dapat memberikan kenyamanan agar dapat menunjang kemandirian pada peserta didik agar dapat dilatih secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen kelas, Kemandirian anak usia dini. | |||||||||
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics 400 Language > 408 kinds of Persons Treatment |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Anak Usia Dini | |||||||||
Depositing User: | Rifki Saida | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | rifqibhajenk@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 27 Sep 2022 06:32 | |||||||||
Last Modified: | 27 Sep 2022 06:32 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15346 |
Actions (login required)
View Item |