Manajemen Pengelolaan Kelas Untuk Melatih Kemandirian Anak Usia Dini di TK ABA III Kabupaten Jember

Saida, Rifki (2022) Manajemen Pengelolaan Kelas Untuk Melatih Kemandirian Anak Usia Dini di TK ABA III Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (519kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (195kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (454kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (421kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11. ARTIKEL.pdf

Download (428kB)

Abstract

Latar belakang penelitian pada saat observasi awal yang dilakukan di TK ABA III Kabupaten Jember, terlihat sebagian besar peserta didik sudah mampu menunjukan sikap kemandirian, diantaranya mereka mampu memakai dan melepaskan sepatu sendiri, dapat meletakan dan mengambil tas serta bekal yang sudah dipersiapkan dari rumah mencuci tangan sendiri dan membuang sampah pada tempatnya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan kelas oleh guru untuk melatih kemandirian anak usia dini di TK ABA III dan Bagaimana implementasi kemandirian anak usia dini di TK ABA III . Penelitian ini dilaksanakan pada guru kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Kabupaten Jember. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa Manajemen pengelolaan kelas untuk melatih kemandirian anak usia dini di TK ABA III terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Pengelolaan kelas wajib diketahui bagi setiap guru wali kelas agar mendapatkan suasana pembelajaran dan penerapan kemandirian pada peserta didik yang menyenangkan. Implementasi yang dilakukan oleh wali kelas dimulai dari penataan tempat duduk bagi peserta didik, pengaturan alat-alat pengajaran dan pembelajaran, penataan kebersihan serta keindahan kelas, dan penganturan ventilasi cahaya sehingga suasana kelas dapat memberikan kenyamanan agar dapat menunjang kemandirian pada peserta didik agar dapat dilatih secara maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen kelas, Kemandirian anak usia dini.
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
400 Language > 408 kinds of Persons Treatment
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Rifki Saida
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorRachman, Angraeny Unedianidn0727058001
Thesis advisorKusumaningtyas, Nuraininidn0721108101
Contact Email Address: rifqibhajenk@gmail.com
Date Deposited: 27 Sep 2022 06:32
Last Modified: 27 Sep 2022 06:32
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15346

Actions (login required)

View Item View Item