Analisis Gaya Bahasa pada Cerpen Karangan Siswa Kelas XC SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan

Anaresa, Yusi (2017) Analisis Gaya Bahasa pada Cerpen Karangan Siswa Kelas XC SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (5kB)
[img] Text
ABSTRAK(1).pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)

Abstract

Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah : (1) bagaimana bentuk gaya bahasa perbandingan dan gaya bahasa pertentangan yang terdapat dalam cerpen karangan siswa kelas XC SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan, (2) bagaimana makna gaya bahasa perbandingan dan gaya bahasa pertentangan yang terdapat dalam cerpen karangan siswa kelas XC SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XC SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan. Tempat penelitian di SMA Muhammdiyah 2 Wuluhan, pada tanggal 20 Januari 2017. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti selaku instrumen utama, dan instrumen bantu berupa tabel. Data dalam penelitian ini adalah data yang berupa gaya bahasa terdapat dalam cerpen karangan siswa kelas XC SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa gaya bahasa yang digunakan oleh siswa-siswa kelas XC SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan dalam cerpen yang mereka tulis sebagian besar telah menerapkan gaya bahasa perbandingan dan pertentangan. Di dalam cerpen karangan siswa ini, bahwa gaya bahasa yang banyak dipakai oleh siswa adalah gaya bahasa personifikasi dibandingkan gaya bahasa yang lain. Maka ditarik kesimpulan bahwa pengetahuan siswa tentang gaya bahasa masih terbatas sehingga penggunaan gaya bahasa dalam cerpen yang dikarang dapat digolongkan masih kurang serta gaya bahasa yang digunakan lebih berpikir tentang khayalan yang bersifat abstrak.Hal ini disebabkan oleh masih minimnya pengetahuan siswa terhadap ragam gaya bahasa. Peneliti menyimpulkan bahwa dalam menuangkan ide atau gagasan pada penggunaan gaya bahasa, makna gaya bahasa pada cerpen karangan siswa sebagian besar lebih mendeskripsikan atau menggambarkan suatu objek dan keadaan atau kondisi. Kemudian sedikit di antara mereka yang makna gaya bahasanya mendeskripsikan penegasan atau pengulangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: gaya bahasa, cerpen, karangan siswa
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 813 Indonesian Fiction
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI88201#PENDIDIKANBAHASADANSASTRAINDONESIA" not defined]
Depositing User: Hendri UF
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDDzarna, Dzarnanidn1503631
Date Deposited: 21 Mar 2019 07:04
Last Modified: 24 Sep 2019 08:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1535

Actions (login required)

View Item View Item