Studi In Silico: Efektivitas Senyawa Aktif Tanaman Herbal Patikan Kebo (Euphorbia hirta L.) terhadap Penyakit Demam Berdarah sebagai Bahan Ajar Materi Farmakognosi Dasar Kelas X

Noviyanti, Dwi (2022) Studi In Silico: Efektivitas Senyawa Aktif Tanaman Herbal Patikan Kebo (Euphorbia hirta L.) terhadap Penyakit Demam Berdarah sebagai Bahan Ajar Materi Farmakognosi Dasar Kelas X. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (985kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (579kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (483kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang terjadi akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue. Euphorbia hirta L. merupakan salah satu tumbuhan yang mengandung senyawa-senyawa kimia dan bersifat sebagai antivirus, antimalaria, anthelmintik, antitumor, antiseptik, anti-inflamasi, antifungal dan anti bakterial. Penggunaan studi in silico untuk menganalisis senyawa kimia yang bersifat antivirus pada tanaman Euphorbia hirta L. dalam pemodelan molekul dapat memperoleh momentum yang signifikan. Pemanfaatan metode in silico yang termuat dalam bahan ajar memberikan wawasan dan informasi kepada peserta didik mengenai pemanfaatan teknologi komputasi dalam penemuan obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme penghambatan senyawa aktif pada patikan kebo (Euphorbia hirta L.) terhadap penyakit demam berdarah in silico dan mengembangkan penelitian ini menjadi bahan ajar berupa booklet. Hipotesis penelitian ini, yaitu adanya senyawa aktif tanaman herbal patikan kebo (Eupborbia hirta L.) yang berpotensi sebagai kandidat obat alami secara in silico. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan dilanjutkan penelitian pengembangan. Rancangan penelitian kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara in islico menggunakan komputer. Teknik pengumpulan data penelitian kuantitatif adalah molecular docking. Instrumen pengumpulan data penelitian kuantitatif menggunakan program Biovia Discovery Studio versi 2020. Rancangan penelitian pengembangan yang digunakan yaitu jenis Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Instrumen pengumpulan data penelitian pengembangan menggunakan lembar validasi ahli (materi, media, bahasa) dan pengguna. Penellitian kuantitatif ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer Universitas Muhammadiyah Jember. Penelitian pengembangan dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember dan SMK dr. Soebandi Jember. Hasil binding energy dari senyawa aktif tanaman patikan kebo, yaitu alpha-Amyrin = -320,76 cal/mol, beta-Amyrin = -293,63 cal/mol, taraxerol = -321,30 cal/mol, dan rutin = -307,12 cal/mol. Keempat senyawa ini memiliki nilai binding energy rendah atau minus yang menunjukkan bahwa senyawa tersebut berpotensi sebagai antivirus. Hasil rata-rata validasi booklet yang diperoleh yaitu validator ahli materi 80%, validator ahli media 81%, dan validator ahli bahasa 83%. Data validator ahli dipastikan bahwa desain bahan ajar booklet "Simplisia Herba: Patikan Kebo sebagai Antivirus" menghasilkan data bahan ajar yang sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: patikan kebo (Euphorbia hirta L.), in silico, docking, booklet.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Dwi Noviyanti
Date Deposited: 22 Oct 2022 01:07
Last Modified: 22 Oct 2022 01:07
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15401

Actions (login required)

View Item View Item