Studi In Silico: Efektivitas Senyawa Aktif Buah Pare (Momordica Charantia L.) terhadap Penyakit Demam Berdarah sebagai Bahan Ajar Materi Farmakognosi Kelas XI

Ristia, Ana (2022) Studi In Silico: Efektivitas Senyawa Aktif Buah Pare (Momordica Charantia L.) terhadap Penyakit Demam Berdarah sebagai Bahan Ajar Materi Farmakognosi Kelas XI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (424kB)
[img] Text
Abstrack.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih merupakan permasalahan serius di Indonesia. Transmisi virus dengue terjadi melalui gigitan nyamuk A. aegypti. Pengobatan penderita Demam Berdarah Dengue bersifat simptomatik dan suportif. Oleh karena itu, produk alami dapat menjadi salah satu sumber utama pengembangan obat antivirus, salah satunya menggunakan senyawa bioaktif dari buah pare seperti : Lycopene (CID 446925), Vicine (CID 135413566), beta-Amyrin (CID 73145), All-trans-squalene (CID 638072), dan Rutin (CID 5280805). Masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui mekanisme penghambatan senyawa aktif buah pare (Momordica charantia L.) terhadap penyakit demam berdarah secara In Silico dan untuk mengetahui cara mengembangkan penelitian ini menjadi bahan ajar Farmaskognosi dalam bentuk buku saku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme penghambatan senyawa aktif buah pare (Momordica charantia L.) terhadap penyakit demam berdarah secara In Silico dan untuk mengetahui cara mengembangkan penelitian ini menjadi bahan ajar Farmakognosi dalam bentuk buku saku. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer Universitas Muhammadiyah Jember dan di SMK Dr. Soebandi Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilanjutkan dengan penelitian pengembangan produk buku saku. Model pengembangan yang digunakan adalah jenis Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan Four-D. Namun pada penelitian ini dibatasi sampai tahap Development. Berdasarkan hasil penelitian Studi In Silico pada buah pare memiliki senyawa yang mengandung antiviral dengan energi ikatan yang tinggi yaitu Lycopene dengan energi ikatan sebesar -368,36 cal/mol, Vicine dengan energi ikatan sebesar -264,54 cal/mol, beta-Amyrin dengan energi ikatan sebesar -324,16 cal/mol, All-trans-squalene dengan energi ikatan sebesar - 316,61 cal/mol, dan Rutin dengan energi ikatan sebesar - 355,78 cal/mol. Kemudian hasil penelitian yang dikembangkan menjadi bahan ajar berupa buku saku memperoleh nilai keseluruhan dengan nilai rata-rata 84,2% dan dapat dikategorikan sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: virus dengue, pare, In Silico
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Ana Ristia
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:04
Last Modified: 25 Oct 2022 07:04
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15421

Actions (login required)

View Item View Item